Donald Bebek Ternyata Penemu Metode Mengangkat Kapal yang Tenggelam


Naviri Magazine - Bagaimana jika komik mengalahkan seorang ilmuwan? Pada tahun 1964, sebuah kapal barang terbalik di lepas pantai Kuwait, menyebabkan masalah, karena kapal tersebut berisi 5.000 domba. Jika tenggelam dan membusuk di dekat area air minum Kuwait, bisa membahayakan konsumsi air di sana. 

Jadi, seorang ilmuwan asal Denmark, Karl Kroyer, merancang sebuah teknik untuk mengangkat kapal tersebut, dengan cara mengisi kapal yang tenggelam dengan bola apung kecil yang disuntikkan melalui tabung. Daya apung gabungan dari bola tersebut membuat kapal muncul ke permukaan. Butuh 27.000 bola untuk mengakat kapal itu. 
 
Lantas apa hubunganya dengan komik Donal Bebek? Ketika Kroyer ingin mematenkan idenya tersebut di kantor paten Jerman, Inggris, dan Belanda, di 2 kantor paten dia berhasil mematenkanya, tetapi ketika di kantor paten Belanda dia ditolak. Mereka mengatakan, ia mencuri ide dari Donal Bebek. 

Pada tahun 1949, atau 15 tahun sebelum Kroyer membuat metodenya tersebut, Carl Barks (penulis Donal Bebek) menulis cerita berjudul “The Sunken Yacht” yang menunjukkan Donal berusaha keras menemukan cara murah untuk menaikkan kapal Paman Gober yang tenggelam dari dasar laut. 

Solusi keponakannya adalah menurunkan selang dari permukaan, kemudian dipompa penuh dengan isi bola pingpong. Konsep yang sama dengan Kroyer. Walaupun tidak ada orang yang menuduh Kroyer mencuri ide, Kantor Paten Belanda menganggap buku komik Donald "prior art," sehingga mencegah setiap paten baru pada metode tersebut.

Related

Science 4626362700961709913

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item