Facebook Didominasi Warna Biru, Mark Zuckerberg Ternyata Buta Warna


Naviri Magazine - Ada alasan mengapa Facebook selalu didominasi warna biru: Mark Zuckerberg buta warna.

Menurut The New Yorker, Zuckerberg buta warna merah-hijau, yang berarti warna yang paling bisa dilihatnya adalah biru. Warna itu juga yang mendominasi situs web dan aplikasi mobile Facebook.

"Biru adalah warna terkaya bagiku. Aku bisa melihat semua warna biru," ujar Zuckerberg.

Dikutip dari Techwelkin, buta warna merah-hijau atau Deuteranomalia adalah suatu kondisi medis yang sebagian besar bersifat genetik, dan orang yang mengalami kemungkinan mewarisinya dari ibu. Sekitar 6-8% pria di Bumi mengalami kondisi ini.

Buta warna merah-hijau disebabkan tidak ada sel-sel kerucut hijau yang berkerja, sehingga penderita cenderung melihat hijau sebagai krem dan merah sebagai kuning kecoklatan.

Tapi terbukti, ini tidak menentukan kesuksesan seseorang. Mark Zuckerberg telah membuktikannya.

Zuckerberg bahkan sempat menolak Yahoo! untuk tawaran USD 1 miliar untuk mengambil alih Facebook. Dia memutuskan akan membesarkan Facebook sendiri. Penilaian pasar Facebook menyentuh USD 100 miliar ketika menawarkan IPO-nya kepada masyarakat umum.

Bukan cuma bos Facebook, tokoh sukses lainnya yang mengalami kondisi buta warna merah-hijau adalah mantan presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, dan Christopher Nolan, sutradara film langganan box office Batman.

Kondisi buta warna pertama kali dicetuskan oleh John Dalton. Ia menggambarkan kebutaan warnanya sendiri pada tahun 1794. Sama dengan saudaranya, ia gagal membedakan warna scarlet (merah tua) dengan hijau, dan merah muda dengan biru. 

Setelah itu, DNA dari mata Dalton dianalisis pada tahun 1994, dan hasilnya kemungkinan besar ia memiliki defisiensi penglihatan warna tipe protan.

Related

Internet 3593307007925334796

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item