Ini 7 Hal yang Sering Dilakukan Orang Setelah Makan, tapi Ternyata Salah


Naviri Magazine - Apa yang biasa kita lakukan setelah makan? Sebagian orang minum es, sebagian lain menikmati buah, sementara sebagian lain lagi merokok. Minum minuman dingin, menyantap buah, atau merokok setelah makan, adalah hal-hal biasa yang sering dilakukan banyak orang. Ternyata, itu kebiasaan-kebiasaan yang salah, khususnya jika dilihat dari sudut pandang kesehatan.

Karenanya, ada baiknya kita mulai menghindari kebiasaan-kebiasaan setelah makan tersebut, agar makanan yang kita santap benar-benar berdampak positif bagi tubuh. Berikut ini adalah 7 hal yang sebaiknya dihindari setelah makan.

Makan Buah 

Makan buah segera setelah makan sebaiknya dihindari, karena membuat perut dipenuhi udara alias kembung. Sebaiknya konsumsilah buah 1-2 jam setelah makan, atau satu jam sebelum makan. Ini akan membuat Anda kenyang dan tidak makan terlalu berlebihan. 

Minum Teh 

Daun teh memiliki kandungan asam yang tinggi. Hal ini menyebabkan kandungan protein dalam makanan sulit dicerna. Selain itu, minum teh setelah makan dapat menyebabkan hambatan penyerapan zat dalam tubuh hingga 80 persen. Padahal zat besi sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan kualitas tubuh manusia. 

Mandi 

Mandi yang dilakukan setelah makan akan menaikkan aliran darah ke tangan, kaki, dan badan, yang menyebabkan jumlah darah sekitar perut akan terus berkurang. Hal ini akan melemahkan sistem pencernaan di dalam perut. 

Berjalan-jalan 

Berjalan-jalan akan menyebabkan sistem pencernaan tidak mampu menyerap nutrisi dari makanan yang telah Anda makan. 

Tidur 

Jangan ikuti kantuk Anda. Tidur setelah makan membuat makanan tidak dapat dicerna secara baik. Akibatnya usus mengalami kembung dan terjadi peradangan.

Minum es 

Minuman dingin akan membekukan makanan berminyak, terutama berlemak, yang Anda santap. Lemak itu akan terbentuk dalam usus, dan akan mengakibatkan menyempitnya saluran-saluran pencernaan, sehingga menimbulkan kegemukan. Gantilah dengan minum air hangat atau air putih biasa. 

Merokok 

Merokok saja sudah sangat merusak tubuh, apalagi jika dilakukan setelah makan. Berdasarkan penelitian, mengisap satu batang rokok setelah makan, sama saja dengan merokok sepuluh batang, sehingga kemungkinan terserang kanker jauh lebih besar. 

Related

Health 1343383049427670301

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item