Kisah dan Legenda di Balik Keindahan Bukit Kasih di Tomohon


Naviri Magazine - Bukit Kasih terletak di daerah Tomohon, tepatnya di kaki Gunung Soputan. Dari kota Manado dapat dicapai dengan kendaraan pribadi selama sekitar 1 jam. Jalannya berkelok-kelok dengan pemandangan teluk Manado di salah satu sisi jalan. Dari tempat ini, jika cuacanya cerah, akan memungkinkan kita melihat kota Tomohon dari atas, termasuk danau Tondano. Pemandangannya sangat indah.

Dinamakan Bukit Kasih, karena di sana terdapat tempat-tempat ibadah saling berdekatan, simbol bahwa semua agama dapat hidup berdampingan dalam damai dan saling mengasihi. Ada gereja Katolik, gereja Kristen, Vihara, Mesjid, dan Pura. 

Di bagian bawahnya terdapat pahatan 2 kepala orang yang dianggap sebagai nenek moyang orang Minahasa. Pemahatnya didatangkan dari Pulau Dewata. Penduduk asli selalu mengingatkan anak-anak mereka dengan menceritakan asal usul nenek moyang mereka dan penyebarannya, agar mereka tidak melupakan leluhurnya.

Tempat-tempat ibadah itu terletak di puncak bukit. Untuk mencapainya, kita harus mendaki anak tangga. Awalnya masih tak terasa, karena jaraknya pendek-pendek, ada beberapa pos pemberhentian yang di hari-hari libur diisi oleh pedagang minuman. Total anak tangga adalah 2.435. Setelah mendaki kurang lebih 1/4 bagian, kaki mulai berat diangkat, capek, dan anak tangga jaraknya makin tinggi.

Menurut beberapa anak penjual jagung, kalau ada jeep pengangkut bahan makanan buat penjaga rumah ibadah, pengunjung bisa ikut mereka. Tetapi melihat jalan setapak yang benar-benar setapak dan jurang di sebelah kanannya dengan uap-uap belerang, banyak yang memilih jalan kaki saja... karena sepertinya lebih aman. 

Jika Anda pergi ke tempat ini, walaupun jalannya panjang dan berkelok-kelok, pengalamannya tak akan pernah terlupakan.

Related

Traveling 8550221281949994113

Recent

item