Mengenal Percepatan Gravitasi Bumi dan Cara Menghitungnya


Naviri Magazine - Percepatan gravitasi bumi besarnya 9,789 m/s2 pada permukaan laut di khatulistiwa, dan 9,832 pada permukaan laut di kutub utara. Untuk mudahnya, di buku-buku teks fisika besarnya percepatan gravitasi bumi diambil nilai rata-ratanya, lalu dibulatkan menjadi 9,8 m/s2. 

Namun cukup sulit menghitung jika menggunakan percepatan gravitasi 9,8 m/s2 tanpa menggunakan kalkulator, kan? 

Karenanya sering kali kita menggunakan percepatan gravitasi yang lebih dibulatkan lagi menjadi 10 m/s2. Jadi perhitungannya sekarang jauh lebih gampang. 

Apa yang menentukan besar percepatan gravitasi? Yang menentukannya adalah massa benda yang menyebabkan percepatan gravitasi (selama kita di bumi, benda yang menyebabkan percepatan gravitasi adalah bumi) dan jarak dari pusat benda tersebut. 

Nah, apa yang menyebabkan percepatan gravitasi di permukaan laut khatulistiwa dan permukaan laut utara berbeda? Hal ini disebabkan karena bentuk bumi yang pepat, diameter khatulistiwanya sebesar 12.756,28 km, sedangkan diameter kutubnnya sebesar 12.713,56 km. 

Karena kutub lebih dekat sekitar 42 km ke pusat bumi, maka percepatan gravitasi di kutub jadi lebih besar. Kalau kamu pergi ke gunung yang tinggi atau naik pesawat, jarakmu terhadap pusat bumi semakin jauh, maka percepatan gravitasi bumi semakin kecil. 

Jadi keadaan tinggi rendahnya permukaan bumi sangat menentukan besarnya percepatan gravitasi di suatu tempat.

Related

Science 7870711636686963726

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item