Penjelasan dan Fakta-fakta di Balik Teori Konspirasi yang Terkenal di Dunia (Bagian 1)


Naviri Magazine - Apakah Elvis Presley masih hidup? Apa yang terjadi di Area 51? Siapa yang sebenarnya membunuh JFK? Apakah tragedi 911 sebenarnya hasil konspirasi? Apakah pendaratan di Bulan sebenarnya tidak ada?

"Berita bohong atau hoax dan teori konspirasi bukan hal baru," kata Clare Grafik, kepala pameran di Photographers' Gallery di London, yang menampilkan pameran dan diskusi selama sembilan hari dengan judul Pekan Konspirasi.

"Namun teori-teori ini masuk ke arus utama sampai ke kadar yang tak pernah kita lihat sebelumnya. Sekarang semua orang bisa menyebar teori konspirasi ke banyak orang lain lewat internet, dan potensi teori konspirasi ini tersebar kini meningkat pesat."

Hal paling menonjol dalam Pekan Konspirasi adalah pameran Divisive Moments, yang berasal dari arsip Wendelle C Stevens (1923-2010), seorang bekas pilot Angkatan Udara AS dan pionir peneliti UFO penting. Dalam kariernya selama 50 tahun, Stevens mengumpulkan koleksi foto-foto UFO paling lengkap di dunia.

"Kami merasa bahwa cerita UFO adalah cara yang paling halus untuk mengenalkan perdebatan tentang isu yang kini hangat," kata Grafik.

"Saat ini ada kesan bahwa saat dunia tidak sesuai dengan keyakinan Anda, maka Anda bsia menciptakan realitas sendiri lewat internet, dan forum mendorong debat yang tertutup. Anda tak lagi harus menghadapkan opini Anda pada kenyataan di dunia."

Hal ini, menurut Grafik, memunculkan pertumbuhan teori konspirasi.

Dia juga percaya bahwa teori konspirasi semakin kuat menjadi faktor dalam berubahnya wajah politik global. "Anda juga bisa bilang bahwa Donald Trump muncul dari budaya baru teori konspirasi ini - bahwa ledakan teori konspirasi di internet memungkinkan sosok seperti dia untuk tenar."

Siapa yang tertarik dengan teori konspirasi?

"Orang-orang yang merasa bahwa dunia tidak memberikan kenyataan sesuai yang mereka inginkan," kata Grafik.

"Di dunia yang terkesan berlebihan dan kompleks, menarik untuk menemukan narasi yang menjelaskan semuanya - meski narasi itu, bagi orang lain, terkesan sangat aneh. Ada insting alami manusia untuk membuat sesuatu masuk akal, dengan cara apapun."

Terlebih lagi, dalam dunia gelap di teori konspirasi, foto memainkan peran penting. Banyak pembuat teori konspirasi yang mengeluarkan argumen mereka berdasarkan 'bukti' yang dihasilkan dari foto di domain publik, yang kemudian tak habis-habisnya mereka analisis dan perdebatkan.

"Ini karena fotografi adalah bentuk bukti saksi mata yang paling mudah diterima," kata Gordon MacDonald, kurator Divisive Moments.

"Intervensi dari mesin (yaitu kamera) memberi fotografi semacam ilusi akan observasi yang tanpa bias. Dan, tentu saja, fotografi bisa dengan mudah dikonsumsi dan disebarkan: dengan mudah kita bisa menyerap informasi dalam foto, sementara membaca teks perlu usaha."

Tentu saja, pemikiran bahwa kamera tak pernah berbohong tidak betul. Berikut ini lima deskripsi yang sering digunakan oleh pembuat teori konspirasi yang menyukai hal-hal paranormal untuk 'membuktikan' keyakinan mereka.

Piring terbang

Pada 1979, Stevens menerbitkan buku berjudul UFO: Contact from the Pleiades. Buku ini menyelidiki klaim dari seorang petani Swiss bernama Billy Meier yang mengatakan bahwa dia menjalin kontak dengan alien dari rasi bintang Pleiades, dan punya fotonya sebagai bukti.

Buku Stevens menganalisis foto-foto Meier - serangkaian lanskap tempat munculnya bentuk lingkaran besi yang tidak jelas dan tampak mengambang dengan latar pegunungan - lewat serangkaian uji sains.

Dengan menggunakan teknologi digital permulaan, tes ini digunakan untuk menentukan kebenaran foto-foto tesebut. Stevens menyimpulkan bahwa foto-foto tersebut bukan merupakan hasil rekayasa.

Meski begitu, dia tidak mempertimbangkan kemungkinan foto ini dipalsukan atau dibuat dengan cara lain (contohnya, Meier bisa saja menggantung tutup panci seperti 'pesawat luar angkasa' dari pohon di luar area foto, menggunakan kawat yang tipis dan sulit terlihat).

"Hanya karena foto itu sungguhan - foto asli yang dihasilkan dari kamera sungguhan - tidak berarti foto itu menampilkan apa yang dikatakan seseorang," kata MacDonald.

Saat mempelajari UFO, MacDonald mencatat adanya sebuah tren.

"Piring terbang cenderung dilihat oleh pria kulit putih di daerah-daerah terpencil, Pegunungan Alpen, gurun pasir di Nevada, pedesaan di Argentina, Meksiko - dan bukan oleh banyak orang di daerah perkotaan. Tak pernah ada klaim bahwa pesawat luar angkasa dilihat oleh 10.000 orang di Oxford Street, misalnya - meski mungkin itu bisa terjadi saat pameran berlangsung.

Rama si alien

Penampakan UFO sudah dilaporkan sejak beberapa dekade lalu, dan foto-foto alien serta pesawat luar angkasa adalah hal yang relatif umum.

Namun MacDonald sadar ada satu foto yang disebut-sebut diambil oleh alien: sesosok makhluk luar angkasa yang ramah bernama Rama, protagonis dalam kasus penculikan yang tak banyak diketahui, yang muncul di kota Botucatu, Brasil, pada 1980-an.

"Ceritanya, seorang pria Brasil, Joao Valerio da Silva, dan anak tertuanya, diculik oleh Rama beberapa kali, dan dibawa ke planet asalnya untuk berhubungan dengan perempuan di sana agar bisa menambah jumlah penduduk," kata MacDonald.

Stevens menulis satu buku khusus tentang kasus "aneh" ini, di mana si tawanan mengingat sesosok alien perempuan yang ditemuinya "memiliki dada seperti (perempuan) India. Sangat menarik."

Stevens juga mereproduksi beberapa foto atmosferik yang menampilkan sosok seperti manusia yang diklaim adalah makhluk ekstra-terestrial itu, Rama.

Bahkan ada foto aneh dari bagian bawah wajah da Silva yang menampilkan kumisnya yang lebat dan dilaporkan diambil oleh Rama sendiri. "Apa yang disebut sebagai bukti fotografi itu adalah hal yang aneh," kata MacDonald.

"Banyak orang mengklaim diculik, tapi seseorang meminjam kamera otomatis, menyembunyikannya, dan membawanya ke planet alien untuk mengambil foto - saya belum pernah dengar ini sebelumnya."

Baca lanjutannya: Penjelasan dan Fakta-fakta di Balik Teori Konspirasi yang Terkenal di Dunia (Bagian 2)

Related

Science 836361013086347618

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item