Setelah Bikin Robot Mirip Manusia, Kini Ilmuwan Menciptakan Robot-robot Mirip Hewan


Naviri Magazine - Perkembangan robot semakin maju dengan berbagai inovasinya. Pembuatan robot banyak yang terinspirasi dari kebutuhan pengganti manusia atau mahluk hidup. Seperti robot-robot yang dikembangkan oleh Dr Amir Shapiros di laboratorium Departemen Teknik Mesin dari Universitas Ben Gurion Negev, Israel. Di sini dikembangkan beberapa robot pemanjat yang terinspirasi dari hewan-hewan.

Seperti sebuah robot yang meninggalkan jejak lem panas yang digunakan untuk menempel di dinding. Robot ini terinspirasi oleh siput yang meninggalkan jejak lendir ketika berjalan. Ada pula robot berlengan dengan menggunakan cakar, yang juga terinspirasi dari kucing dang hewan pengerat.

Namun ada beberapa robot lain yang juga menggunakan prinsip magnetic dan menggunakan plester 3M yang digunakan untuk memanjat permukaan rata dan halus. Robot-robot ini di kemudian hari dapat membantu manusia untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan penyelamatan, seperti mencari kebocoran dinding kapal selam, memeriksa bom, dan lain-lain.

Selain robot yang dapat memanjat, disini juga dikembangkan robot ular. Para peneliti melakukan riset bagaimana cara gerak ular dengan memasukkan gelombang vertikal dan horizontal untuk melakukan gerakan robot ular. Robot ini dapat membantu penyelamatan dalam ruang-ruang yang sulit dijangkau manusia, seperti masuk ke dalam pipa kecil.

Related

Technology 8117336961483030397

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item