Apa Perbedaan Debug, Debugger, dan Debugging? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Debug adalah proses penghilangan error, bug, atau kesalahan yang mengganggu kinerja komputer.

Sedangkan Debugger adalah suatu aplikasi yang digunakan untuk menelusuri kesalahan program ataupun alur program. Debugger bisa digunakan untuk menjalankan virus dalam lingkungan yang dapat dimonitor. 

Kemudian, Debugging adalah proses pencarian dan pembetulan kesalahan penulisan program, sehingga program tersebut dapat kembali dijalankan seperti yang diharapkan. 

Selain Debug, Debugger, dan Debugging, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Disk Hardware 

Hardware bernama disk yang selalu diatur dalam silinder, masing-masing terdiri dari beberapa buah track. Setiap track dibagi menjadi beberapa sector. 

Disk Mirroring

Suatu feature dari Novell NetWare yang bertujuan untuk melindungi data dari kesalahan hardware jaringan. Dengan disk mirroring, semua data pada sebuah harddisk diduplikasikan pada harddisk kedua, pada saluran yang sama. Semua penulisan pada disk pertama akan dilakukan juga pada disk kedua. Apabila harddisk pertama mengalami masalah, maka disk kedua secara otomatis akan mengambil alih.

Disk Pack 

Timbunan dari disk yang digabung bersama sehingga dapat dimasukkan atau dikeluarkan dari disk drive sebagai satu unit tunggal. 

Disk Server 

Penggunaan unit disk dari suatu sistem jaringan oleh sistem jaringan lain. 

Disk Storage 

Media penyimpanan magnetik berbentuk piringan. Data disimpan oleh perekam magnetik pada permukaan piringan yang berputar saat digunakan. 

Disk Storage Module 

Beberapa piringan magnetik yang tidak mungkin dipindahkan, dan mempunyai dua macam akses. 

Displacement 

Angka yang harus ditambahkan ke alamat dasar untuk membentuk sebuah alamat aktif. 

Display 

Hardware yang menyajikan hasil keluaran komputer dalam bentuk visual. 

Display Size

Lebar antar sudut diagonal layar display, biasanya dalam satuan inci. Panjang diagonal yang diukur termasuk bagian layar yang tersembunyi di balik frame atau bezel. Berbeda dengan viewable size atau screen, yang hanya mengukur lebar diagonal untuk layar yang terlihat.

Disqus 

Layanan dan tool gratis untuk memberikan komentar dan diskusi di web. Sistem dari disqus tersebut bisa dimasukan ke website manapun, blog atau aplikasi web.

Distributed Application 

Program aplikasi yang memiliki kemampuan untuk dijalankan pada beberapa sistem yang berbeda.

Distributed Database 

Gabungan dari beberapa repositori data yang bermacam-macam, yang tampak sebagai sebuah database tunggal. 

Distributed DSA 

Singkatan dari distributed Denial of Service Attack, yaitu serangan terhadap server internet dengan cara mengirimkan data melebihi kapasitas server, hingga membuat server kelebihan beban dan lumpuh. (Lihat: Denial of Service).

Distributed Processing 

Mengerjakan semua proses pengolahan data secara bersama antara komputer pusat dengan beberapa komputer yang lebih kecil, dan saling dihubungkan melalui jalur komunikasi. 

Setiap komputer tersebut memiliki prosesor mandiri sehingga mampu mengolah sebagian data secara terpisah, kemudian hasil pengolahan tersebut digabungkan menjadi satu penyelesaian total. Jika salah satu prosesor mengalami kegagalan atau masalah, yang lain akan mengambil alih tugasnya. 

Distributed Sort 

Prosedur pengurutan yang membagi elemen data dalam dua atau lebih kelompok tersendiri, atau sebuah subset. 

Dithering

Suatu teknik dari program komputer untuk memprediksi suatu warna tertentu berdasarkan pencampuran warna-warna lainnya, ketika warna yang dimaksudkan tidak tersedia. Suatu metode untuk mensimulasikan banyak warna atau bayangan abu-abu, sehingga menjadi tidak terlalu banyak alternatif warna. 

DivX

Merek dagang milik DivX Network, merupakan format kompresi video digital yang berdasarkan teknologi MPEG4. Dengan DivX, kapasitas video akan semakin kecil,  namun kualitasnya tetap bagus.

DLC Interface 

Sebuah Application Programming Interface (API) LAN yang dapat memanfaatkan layanan sub lapisan Logical Link Control secara langsung. 

Related

Technology 1311519096104714011

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item