Apa Sebenarnya yang Disebut Bluetooth? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Bloetooth adalah sebuah protokol wireless yang menggunakan teknologi komunikasi jarak dekat dan memfasilitasi transmisi data dalam jarak dekat (bergantung pada kekuatannya; 1 meter, 10 meter, 100 meter), dari peralatan mobile/fixed, dengan membuat wireless personal area network (PAN). 

Teknologi ini menggunakan chip transceiver yang dirangkai pada mobile computer, telepon, dan peralatan portabel lainnya. Bluetooth menyediakan tiga voice dan kanal data melalui sebuah koneksi one-to-one dengan enkripsi built-in dan verifikasi. 

Spesifikasi Bluetooth dbuat dan dilisensikan oleh Bluetooth Special Interest Group (SIG). Bluetooth SIG terdiri dari perusahaan dalam bidang telekomunikasi, komputer, jaringan, dan pengguna elektronik.

Selain Bluetooth, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Black Box 

Suatu alat atau sebuah proses yang secara khusus hanya bekerja dalam batas proses input dan output. Kita tidak mengetahui apa yang terjadi di dalamnya. 

Blackhat

Gabungan teknik SEO dan online marketing yang seringkali tidak etis dan bahkan kadang ilegal dengan tujuan tertentu. Contohnya adalah menyembunyikan teks di balik gambar, atau mempergunakan halaman doorway dengan redirect.

Black Hat 

Sebutan untuk hacker jahat. Hacker black hat juga biasa disebut cracker dengan kemampuan mencuri data atau merusak sistem yang ada di dalam komputer korban. Kelebihan black hat adalah kemampuannya dalam menghilangkan jejak, sehingga sangat sulit dilacak. 

Black Out

Kondisi padamnya catuan daya. Biasanya ditandai dengan tidak tersedianya catu daya, baik jaringan listrik lokal dari MCB ataupun dari PLN. Kadang pula disebut dengan istilah outages.

Blank Character 

Karakter yang tampak kosong, dan digunakan untuk menyatakan jarak atau spasi antar karakter yang tampak di layar maupun di kertas. 

Blank Spot

Kondisi dimana komunikasi seluler tidak dapat terjadi karena lemahnya penerimaan dan penguatan sinyal pada stasiun pemancar.

BLAST 

Singkatan dari Block Asyncronous Transfer, yaitu sebuah software atau perangkat lunak untuk mengalihkan data secara asinkron antar sistem komputer yang memakai software BLAST. BLAST menggunakan perangkat antarmuka RS-232 C. 

Blink 

Istilah untuk menyatakan keadaan kursor atau karakter yang berkedip-kedip. 

Blinkx

Nama perusahaan asal San Francisco yang mengembangkan Blinkx Toolbar dan Blinkx TV. Blinkx Toolbar berfungsi sebagai pencari konten dari desktop ataupun internet, sedangkan Blinkx TV merupakan search engine untuk mencari file audio dan video.

Block 

Sebuah bagian pada informasi yang terekam dalam magnetic tape atau disk. Satu block dapat memuat beberapa record. Block juga dijadikan istilah dalam lingkungan pengolah kata dan pemrograman untuk areal yang ditandai dengan warna tertentu, biasanya untuk menandai daerah yang akan disalin, dihapus, atau dipindahkan. 

Block Body 

Sekumpulan pernyataan atau perintah yang dituliskan setelah kepala blok, dalam blok program komputer. 

Block Diagram 

Sebuah gambaran dari sistem, sirkuit, atau program, yang masing-masing fungsinya diwakili oleh gambar kotak berlabel, dan hubungan di antaranya digambarkan dengan garis penghubung. 

Block Input 

Suatu blok yang dianggap kompleks dan akan dikirim dari penyimpanan internal ke penyimpanan eksternal. 

Block Structured 

Sebuah konsep dalam pemrograman komputer yang memungkinkan programmer untuk memperlakukan beberapa pernyataan sebagai sebuah unit tunggal sehingga mudah untuk dikendalikan. 

Block Transfer 

Pemindahan data atau informasi dalam bentuk blok-blok, dan dianggap sebagai sebuah record tunggal. 

BMP

Singkatan dari Bitmap, yaitu format umum untuk gambar yang ada pada sistem operasi Windows.

Bnc T Connector

Terminal segitiga untuk penghubung kabel coaxial RG- 58 pada jaringan ethernet.

BNF 

Singkatan dari Backus Normal Form, yaitu sebuah notasi resmi yang digunakan untuk mendefinisikan syntax dari suatu bahasa komputer. 

Related

Technology 2758784504434057249

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item