Apa yang Disebut Mouse Optical? Ini Penjelasannya


Naviri Magazine - Mouse Optical adalah mouse yang menggunakan light-emitting diode (LED) dan photo-diode sebagai sensor pergerakan dari permukaan yang dilaluinya. Mouse optikal lebih baik jika dibandingkan dengan jenis mouse mekanik yang masih menggunakan bola karet untuk membaca pergerakan mouse. 

Mouse laser masih termasuk bagian dari mouse optikal, dengan menggunakan laser sebagai sinar yang dibaca oleh sensor photo-diode.

Selain Mouse Optical, berikut ini beberapa istilah dan singkatan lain seputar dunia komputer/internet serta dunia teknologi umumnya, yang juga perlu kita tahu.

Mouse

Alat input data di komputer yang berfungsi untuk dapat menggerakkan kursor di monitor display, agar dapat memilih secara langsung aplikasi-aplikasi yang akan dijalankan. 

Mouse Pad 

Bantalan atau tatakan yang digunakan sebagai alas atau tempat menggerakkan mouse. 

Mouse Pointer 

Ikon atau kursor di layar monitor yang gerakannya dikendalikan oleh mouse.

ISA

Singkatan dari Industry Standard Architecture, yaitu suatu slot pada motherboard yang bisa digunakan untuk menginstal perangkat seperti VGA card, sound card, modem, dan perangkat lainnya.

ISAPI

Singkatan dari Internet Server Application Programming Interface, yaitu hubungan timbal-balik antar pemrograman aplikasi untuk server.

ISDN 

Singkatan dari Integrated Services Digital Network, yaitu metode standar transmisi data digital melalui jaringan telepon dengan kecepatan tinggi, lebih cepat dari sebuah modem biasa. ISDN memungkinkan kecepatan transfer data hingga 128.000 bps (bit per detik). Tidak seperti DSL, ISDN dapat dikoneksikan dengan lokasi lain seperti halnya saluran telepon, sepanjang lokasi tersebut juga terhubung dengan jaringan ISDN.

ISO

Singkatan dari International Organization for Standarization, yaitu sebuah organisasi yang terdiri dari ratusan perusahan dari seluruh penjuru dunia, yang bergabung untuk membentuk suatu standarisasi bersama.

ISP 

Singkatan dari Internet Service Provider, yaitu perusahaan yang menawarkan dan menyediakan layanan akses internet ke kalangan umum dengan sejumlah biaya. 

Item

Sekelompok karakter yang saling berhubungan dan dianggap sebagai suatu kesatuan. Sebuah record adalah sekelompok item yang saling berhubungan. Item juga bisa diartikan sebagai pilihan pada sebuah menu.

ITP

Singkatan dari IP Transfer Point, yaitu sebuah perangkat (hardware dan software) yang mampu menyalurkan trafik Signaling System 7 (SS7) di atas jaringan IP (SS7 over IP).

Itron

Singkatan dari Industrial TRON, yaitu sebuah spesifikasi kernel standar yang dikembangkan bersama-sama oleh para produsen elektronik di Jepang.

J2EE

Singkatan dari Java 2 Platform Enterprise Edition, yaitu platform pemrograman untuk mengembangkan dan menjalankan aplikasi arsitektur distributed multiuser. Sebagian besar berbasis pada komponen modular yang berjalan pada sebuah application server. Platform J2EE didefinisikan dengan sebuah spesifikasi. Secara informal, J2EE juga dianggap sebagai bahasa atau standar karena provider harus menyepakati persyaratan persesuaian tertentu demi mendeklarasikan produk mereka sebagai J2EE compilant, meskipun tidak menggunakan standar ISO atau ECMA.

J2ME 

Singkatan dari Java 2 Platform Micro Edition, yaitu suatu platform untuk menjalankan aplikasi atau game Java. Platform ini digunakan atau ditargetkan untuk elektronik kecil seperti selular dan PDA.

Jabber

Protokol berbasis XML untuk instant messaging. Proyek pembuatan protokol Jabber dimulai pada tahun 1998 dan dirilis ke publik pada Mei 2000 dengan nama Jabberd. Jabber sudah diakui oleh IEFT (Internet Engineering Task Force) pada Oktober 2004 sebagai standar protokol di bawah XMPP dengan RFC 3920. 

Jack

Piranti penyambung untuk dimasukkan ke lubang sambungan, disebut juga socket.

Jacket

Tutup piringan (disk) magnetik yang terbuat dari plastik, dan diberi lubang untuk akses drive head.

Jaggies 

Terkadang disebut juga dengan istilah Jaggles, yaitu suatu efek bergerigi yang timbul akibat dari teknik digital yang digunakan untuk menampilkan sebuah gambar. Efek ini terutama terlihat pada garis diagonal. 

Jam

Macetnya sebuah piranti atau sistem karena sebab tertentu, misalnya kemacetan printer.

Jaringan Komputer 

Hubungan antara satu komputer dengan komputer lainnya untuk mendapatkan sharing sumber daya.

Related

Technology 604772833799041058

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item