Ilmuwan Temukan Cara Menghasilkan Air Bersih dengan Mudah dan Murah


Naviri Magazine - Ilmuwan asal Stanford University membuat filter air yang memanfaatkan listrik untuk membunuh bakteri. Filter air tersebut lebih murah daripada filter air yang digunakan saat ini, karena tidak menggunakan alat mekanik serta hanya sedikit menggunakan listrik.

Di dalam filter itu ada beberapa lapisan katun yang diberi tegangan listrik sebesar 20 Volt selama beberapa detik. Listrik sebesar itu cukup untuk membuat manusia tergelitik. Akan tetapi, menurut uji coba, listrik 20 Volt mampu mematikan lebih dari 98 persen bakteri E. coli.

Karena listrik yang dibutuhkan hanya 20 Volt, orang tak perlu khawatir akan sumber listrik yang dipakai. Listrik sebesar itu dapat dibuat dengan tenaga manusia, misalnya dengan engkol tangan atau sepeda statis.

Yi Cui dan timnya dari Stanford University mengalirkan listrik dengan cara menambahkan kabel-kabel perak dan karbon tuba yang berukuran sangat kecil (dalam satuan nano) ke kain katun. Perak jadi pilihan Cui karena harganya yang terjangkau, sedangkan bahan katun jadi pilihan karena bahan ini sangat mudah didapat.

“Filter ini bisa dipakai oleh orang-orang yang tinggal di daerah yang sulit mendapatkan bahan-bahan kimia untuk membersihkan air, seperti klorin,” jelas Cui kepada Discovery News.

Related

Science 5900860156179162615

Recent

item