Ini 10 Goa Terkenal di Indonesia yang Punya Pemandangan Indah (Bagian 1)


Naviri Magazine - Goa terbentuk sebagai fenomena alami. Umumnya berbentuk lubang di tanah yang besar dan dalam. Sebegitu dalam, bagian dalam gua juga biasanya tidak terkena sinar matahari hingga agak gelap.

Banyak gua yang terbentuk sejak ratusan atau ribuan tahun lalu, dan goa-goa itu dipelihara sampai sekarang. Di berbagai negara, Indonesia termasuk memiliki goa-goa indah, hingga dijadikan tempat wisata. Seperti sepuluh goa berikut ini.

Goa Batu Cermin, Pulau Flores

Goa Batu Cermin merupakan goa bebatuan yang berada dekat dengan Labuan Bajo, pulau Flores. Di goa ini kamu bisa menemukan keindahan luar biasa yang tidak kalah dengan goa lain di luar negeri. Ketika kamu berada di dalam goa, kamu bisa melihat cahaya matahari yang masuk melalui lubang masuk goa, sungguh sangat keren. 

Nama Cermin bukan berarti kita bisa bercermin di batu. Yang dimaksud batu cermin disini adalah salah satu pemandangan dimana bebatuan di goa bisa memantulkan cahaya matahari. Jika kamu berniat melihat keindahan goa ini dengan mata kepala sendiri, disarankan mengunjungi goa ini pada jam 9 sampai 10 pagi dimana cahaya matahari masuk ke dalam goa.

Goa Cerme, Yogyakarta

Keindahan alam berikutnya dipersembahkan dari Yogyakarta yakni goa Cerme. Berada di dusun Srunggo, Bantul, sekitar 20 km di sebelah selatan kota Yogyakarta. Menurut sejarah, goa Cerme ini dulu digunakan oleh para Walisongo sebagai tempat menyebarkan agama Islam. Karena itulah goa ini diberi nama Cerme yang diambil dari kata ceramah.

Berada tidak jauh dari goa Cerme, ada 4 goa kecil lainnya yang bisa dibilang sebagai bonus jika kalian mengunjungi tempat ini. Goa itu adalah goa Dalang, goa Ledek , goa Badut, dan goa Kaum. Goa Badut sendiri lebih sering dimanfaatkan sebagai tempat untuk bersemedi. Yang membuat goa ini indah dan juga keren adalah adanya sungai bawah tanahnya yang jernih.

Goa Gong, Pacitan

Diberi nama goa Gong karena goa ini memiliki keunikan dimana di dalamnya terdapat sebuah batu yang bila dipukul akan mengeluarkan suara layaknya gong. Kamu dapat menemukan goa Gong ini Pacitan, Jawa Timur. Goa Gong juga menjadi tempat wisata yang cukup populer di Asia Tenggara. Panorama stalaktit dan stalagmit yang keren dapat kalian temukan di dalam goa ini.

Ketika masuk ke dalam goa, awalnya kita akan disambut dengan pemandangan yang cukup remang-remang, namun ketika berada lebih dalam barulah pemandangan keren dan indah baru tampak. Kalian bisa menemukan pagar kristal yang indah di dekat mulut goa. Jika kamu menyukai berwisata dalam goa, goa Gong ini bisa menjadi salah satu pilihan objek wisata yang menarik.

Goa Leang Pute, Sulawesi Selatan

Dengan kedalaman yang mencapai 260 sampai 270 meter membuat goa Leang Pute dianggap sebagai goa paling dalam yang ada di Indonesia. Leang Cave berlokasi di desa Labiaja, Bantimurung, Sulawesi Selatan. Untuk bisa menikmati keindahan goa Leang Pute, kita harus turun menggunakan tali, masuk melalui mulut goa yang memiliki lebar 60 sampai 80 meter.

Nama Pute diambil dari salah satu jenis burung merpati putih yang tinggal di dinding goa Leang Pute. Untuk bisa mencapai goa, kita terlebih dulu harus melalui hutan tropis yang lebat. 

Hutan tropis ini menjadi surganya para spesies hewan dan tumbuhan yang unik. Berpetualang di dalam goa Leang Pute, kita diharuskan untuk berhati-hati karena dalam goa kita dapat menemukan berbagai macam hewan seperti ular, laba-laba, katak, dan kaki seribu yang besar.

Goa Salung Kallang, Sulawesi Selatan

Jika kalian ingin mencoba berpetualang di goa, goa Salung Kallang mungkin tempat yang tepat bagi kalian. Tidak jauh dari ibukota Sulawesi Selatan, goa Salung Kallang dapat ditemukan di kabupaten Maros. Terbuat dari kapur, goa Salung Kallang adalah goa terpanjang yang ada di Indonesia dengan panjang yang mencapai 27 km.

Karena letaknya yang berada di bawah tanah, goa indah dan keren ini dianggap sebagai surga bawah tanah oleh warga sekitar. Untuk dapat masuk ke dalam goa sedalam 8 meter ini, kita diharuskan harus turun sambil diikat dengan tali agar lebih aman. Goa Salung Kallang termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung sehingga goa ini dikelola dan dilindungi oleh pemerintah.

Baca lanjutannya: Ini 10 Goa Terkenal di Indonesia yang Punya Pemandangan Indah (Bagian 2)

Related

Traveling 8229121031304376147

Recent

item