Ini 10 Makanan dan Minuman Terkenal yang Ternyata Berasal dari Kotoran (Bagian 1)


Naviri Magazine - Kopi luwak sudah lama terkenal sebagai produk kopi yang mahal, karena memiliki cita rasa yang nikmat. Yang unik dari kopi luwak, minuman enak itu sebenarnya berasal dari kotoran hewan, yaitu luwak. Karenanya dinamai kopi luwak. Meski sudah tahu minuman itu berasal dari kotoran hewan, orang-orang di dunia tetap mengonsumsinya, karena memang sangat enak.

Selain kopi luwak, ada makanan dan minuman lain yang juga berasal dari kotoran, dan sama-sama jadi makanan/minuman terkenal di dunia. Berikut ini uraiannya.

Ambergris

Ambergris bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembuat parfum. Channel dan Lanvin adalah 2 perusahaan parfum yang menggunakan ambergris dalam produknya. Selain dibuat parfum, ambergris juga bisa digunakan untuk memasak telur, es krim, dan koktail.

Tapi apakah kalian tahu apa itu ambergris? Ambergris adalah zat yang berasal dari lambung Paus Sperma. Sangat langka, ambergris bisa seharga 23 USD per gramnya. Banyak orang yang beranggapan bahwa ambergris dimuntahkan melalui mulut paus, tapi sebenarnya adalah, ambergris justru dikeluarkan melalui saluran untuk mengeluarkan kotoran.

Baby Poop Sausages

Kalin pernah mencicipi makanan yang disebut sosis? Untuk membuat sosis yang lezat, diperlukan bantuan dari fermentasi bakteri. Rasa pedas dari pepperoni pada pizza juga merupakan berkat bantuan dari bakteri. Karena fermentasi bakteri bisa membuat makanan menjadi lebih lezat, para peneliti akhirnya mencoba membuat sosis dengan menggunakan fermentasi bakteri.

Tentu saja para peneliti tidak sembarangan melakukan fermentasi bakteri. Jika hasil fermentasi bakteri yang mereka lakukan ternyata berbahaya bagi kesehatan, maka mereka tidak akan menggunakannya. Kali ini para peneliti mencoba membuat sosis dengan menggunakan bakteri yang berasal dari feses manusia, khususnya bayi. 

Para peneliti mengumpulkan sampel bakteri dari 43 feses bayi dan membuat 6 sosis babi. Setelah dicicipi, sosis yang dibuat dengan menggunakan bakteri dari feses manusia memiliki rasa yang lebih enak dari sosis pada umumnya.

Madu

Madu adalah makanan yang dihasilkan oleh lebah.Ada begitu banyak manfaat yang diperoleh jika kita mengkonsumsi madu. Baik itu anak sampai orang dewasa, semuanya diperbolehkan untuk mengkonsumsi madu. Nah, yang banyak orang tidak tahu adalah bagaimana caranya madu bisa terbentuk.

Lebah itu memiliki 2 perut, salah satunya digunakan untuk menyimpan nektar yang mereka hisap dari bunga. Setelah perutnya penuh, lebah akan kembali ke sarangnya. Lebah tersebut akan mengeluarkan dan memberikan nektar tersebut pada lebah pekerja dengan cara dimuntahkan ke dalam mulut lebah pekerja. 

Proses memuntahkan nektar tersebut akan terus berlangsung sampai nektar benar-benar siap untuk disimpan di sarang madu. Nantinya air akan menyebar ke nektar dan merubah substansinya menjadi madu yang kita semua konsumsi.

Kuchikami no Sake

Ya, banyak dari kalian mungkin sudah bisa menebak darimana asal minuman satu ini berdasarkan namanya. 

Sake adalah minuman memabukan yang berasal dari Jepang, Kuchikami no Sake ini merupakan sake yang sering disebut dengan nama rice wine atau anggur nasi karena memang dibuat dari bahan dasar nasi yang difermentasi dengan Aspergillus Oryzae, semacam fungi yang bisa menghasilkan enzim untuk mengubah sari pati nasi menjadi gula.

Tapi ada satu bahan yang digunakan sebelum Aspergillus Oryzae ini ditemukan. Bahan tersebut air liur manusia. Cara pembuatan sake tersebut dimulai dengan mengunyah nasi, kastanye atau biji pohon ek untuk memulai fermentasi. 

Nama lain Kuchikami No Sake adalah Mouth-Chewed Sake atau sake yang dibuat dengan menggunakan mulut. Sampai sekarang, masih ada orang yang menggunakan cara ini untuk membuat sake.

Shellac

Ambergris saja sudah terdengar asing di telinga, ini masih ada lagi yang namanya Shellac. Shellac ini merupakan bahan dasar yang digunakan untuk glaze, suatu zat yang dioleskan pada makanan, biasanya kue untuk memberikan tampilan licin dan berkilau. Shellac ini juga dapat ditemukan pada perman, cokelat, dan buah-buahan segar.

Shellac ini terbuat dari lac yang telah melalui proses khusus. Lac sendiri adalah zat hasil buangan dari serangga bernama Kerria Lacca, yang dibudidayakan di India, Thailand, dan Burma. Hasil sekresi tersebut bisa ditemukan pada ranting pohon. 

Sekresi tersebut kemudian dibersihkan dengan air dan dibersihkan lagi menggunakan sodium karbonat untuk menghilangkan racunnya.

Baca lanjutannya: Ini 10 Makanan dan Minuman Terkenal yang Ternyata Berasal dari Kotoran (Bagian 2)

Related

Food 5984478621883050671

Recent

item