Panduan Merawat dan Mengatasi Jerawat Menurut Ahli

Naviri Magazine - Untuk jerawat yang tergolong jenis bintik-bintik kecil, Anda cukup menggunakan obat lotion pembersih jerawat yang dapat A...


Naviri Magazine - Untuk jerawat yang tergolong jenis bintik-bintik kecil, Anda cukup menggunakan obat lotion pembersih jerawat yang dapat Anda peroleh dengan resep dokter. Obat-obat tersebut mengandung bahan yang cukup lembut untuk perawatan kulit wajah Anda. 

Akan tetapi, yang perlu Anda perhatikan, sebaiknya gunakanlah obat jerawat yang tidak mengandung zat belerang atau sulfur. Sebab, menurut penyelidikan yang pernah dilakukan Dr. Albert M. Kligman, obat-obat jerawat semacam itu mengandung sulfur atau zat belerang. Nah, adakah akibat atau efek samping jika menggunakan obat-obatan semacam itu?

Memang dipercaya bahwa zat belerang turut membantu menyembuhkan bintik-bintik kecil jerawat atau bisul jerawat. Tetapi ia juga bisa menggalakkan terbentuknya bitik-bitik hitam, yang justru menambah peluang bagi jerawat untuk berkembang secara lebih lanjut. Karenanya kemudian muncul semacam lingkaran keterkaitan yang saling sambung menyambung.

Obat jerawat yang mengandung kadar belerang secara berlebihan juga dapat menyebabkan gangguan pada kulit. Apalagi jika kurang berhasil mendatangkan kesembuhan yang sempurna, dalam arti karena kulit kita tidak cocok dengan zat tersebut. 

Karena itu pula, jika Anda menggunakan suatu obat jerawat, tetapi Anda tidak mendapatkan manfaat yang nyata, Anda bisa segera meninggalkannya, karena bisa dibilang upaya itu hanya akan sia-sia.

Penanganan masalah jerawat

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menangani masalah jerawat:
  • Perawatan diri sendiri: cucilah muka setelah bepergian dan sebelum tidur, dengan sabun wajah. Hindari menggosok wajah terlalu keras.
  • Gunakan bedak tabur, jangan bedak padat atau compact.
  • Pakailah tabir surya atau sunblock dengan SPF 30 untuk mengurangi paparan sinar ultra violet yang memicu timbulnya jerawat.
  • Apabila kulit kering, dapat menggunakan krim pelembab.
  • Jangan memencet-mencet jerawat, karena akan menimbulkan peradangan.
  • Berkonsultasilah dengan dokter kulit yang nantinya akan memberikan obat krim jerawat, dan obat ini biasanya akan disesuaikan dengan kondisi kulit wajah Anda.

Related

Tips 5374830202679637854

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item