Kisah 10 Peristiwa Mengerikan yang Terjadi Pada Jumat Tanggal 13 (Bagian 1)


Naviri Magazine - Di Eropa, Friday The 13th atau hari Jumat tanggal 13 menjadi hari yang ditakuti. Pasalnya, hari tersebut dianggap sebagai hari sial. Karena anggapan itulah, banyak orang yang takut dengan hari Jumat tanggal 13. 

Friggatriskaidekaphobics adalah sebutan bagi orang-orang yang memiliki ketakutan berlebihan atau fobia dengan Friday The 13th. Terlepas ketakutan tersebut benar atau tidak, berikut ini adalah 10 peristiwa mengerikan yang terjadi, tepat pada hari dan tanggal tersebut.

Kapal Costa Concordia Tenggelam, 13 Januari 2012

Menaiki kapal pesiar yang mewah adalah keinginan dari banyak orang. Sungguh tidak bisa dibayangkan bagaimana bahagianya bisa berlibur bersama keluarga naik kapal pesiar. Begitulah kira-kira yang ada dipikiran orang-orang yang menaiki kapal pesiar Costa Concordia. Kebahagiaan tersebut sirna seketika ketika kapal tersebut tenggelam.

Tepat pada hari Jumat tanggal 13 Januari 2012, kapal pesiar Costa Concordia yang berlayar di tepi pantai Tuscan, Italia mengalami kecelakaan parah dan memakan korban sebanyak 32 korban jiwa. 

Penyebab tenggelamnya Costa Concordia adalah karena kapal tersebut menabrak sebuah batu karang di Isola de Giglio. Akibatnya, kapal tersebut langsung miring. Sebagian penumpang berhasil diselamatkan menggunakan helikopter.

Virus Friday The 13th, 13 Januari 1989

Siapapun pasti akan kesal apabila komputernya terserang virus. Komputer yang terserang virus bisa menurunkan performa kerjanya. File hilang, rusaknya hardware, dan masih banyak hal merugikan lainnya yang bisa disebabkan oleh virus. Coba kalian bayangkan bagaimana jika sebuah virus menyerang kantor seperti IBM.

Kantor raksasa komputer IBM di Inggris pernah terserang virus mematikan yang bernama Friday The 13th. Kejadiannya tepat terjadi di hari Jumat pada tanggal 13 Januari 1989. Virus ini jelas sangat merugikan IBM. Sebanyak ratusan komputer yang berisikan data penting perusahaan hilang akibat virus Friday The 13th.

Topan Di Bangladesh, 13 November 1970

Sebuah badai mematikan pernah menyerang kota Bangladesh pada 13 November 1970. Coba tebak, bencana badai tersebut terjadi pada hari apa? Ya, badai tersebut terjadi tepat pada hari Jumat tanggal 13. Bencana badai tersebut merenggut korban jiwa kurang lebih sebanyak 300.000 orang.

Badai dengan kecepatan angin 185 km/h tersebut meluluh lantahkan kota Bangladesh dalam sekejap. Tidak hanya diserang oleh badai, Bangladesh juga diterpa oleh air setinggi 5 meter. Tidak ada jalan untuk dievakuasi, warga Bangladesh terpaksa menaiki benda tinggi seperti pohon supaya tidak terseret arus air.

Perang Dingin, 13 Juni 1952

Di tahun ini terjadi perang dingin yang melibatkan blok barat yang meliputi Amerika Serikat dengan aliansinya dan blok timur yang meliputi Uni Soviet beserta aliansinya. Di tengah-tengah terjadinya Perang Dingin, situasi sempat memanas setelah Uni Soviet menembak jatuh pesawat militer milik Swedia.

Pesawat militer milik Swedia tersebut jatuh dan menewaskan 8 orang. Pemerintah Swedia menganggap Uni Sovietlah yang menembak jatuh pesawat tersebut. Tapi Uni Soviet mengelak dan menuduh balik itu adalah pesawat tempur Swedia. Jelas saja Swedia juga mengelak dengan mengatakan bahwa itu hanyalah pesawat untuk latihan terbang.

Bom Di Buckingham Palace, 13 September 1940

Seiring berjalannya Perang Dunia II, kubu Nazi Jerman memulai perangnya dengan Inggris dengan serangan bom. Serangan bom yang dilakukan oleh Jerman dipusatkan pada ibukota Inggris yaitu London. Ada banyak lokasi penting di London yang diledakan oleh Jerman, salah satunya yaitu Buckingham Palace.

Berlokasi di Westminster, Buckingham Palace adalah tempat diadakannya segala macam kegiatan yang berhubungan dengan kepentingan negara Inggris. Oleh Jerman, Buckingham Palace diledakan tepat pada hari Jumat tanggal 13 September 1940. 

Ledakan tersebut menghancurkan bagian dalam dari Royal Chapel. Tiga orang cidera ringan, satu orang mengalami cidera parah.

Baca lanjutannya: Kisah 10 Peristiwa Mengerikan yang Terjadi Pada Jumat Tanggal 13 (Bagian 2)

Related

History 6848379580814668425

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item