Memahami Cara Kerja Kaleng Aerosol: Bagaimana Cairan di Dalamnya Bisa Keluar Seperti Kabut?


Naviri Magazine - Prinsip kerja kaleng aerosol sangat sederhana, yaitu suatu cairan yang disimpan dalam tekanan tinggi digunakan untuk mendorong cairan lainnya keluar dari kaleng. Penemunya terinspirasi menemukan aerosol setelah melihat minuman ringan yang menyembur keluar setelah kalengnya dikocok. 

Kaleng aerosol akan diisi dengan dua jenis cairan. Satu cairan dengan titik didih di bawah suhu kamar, yang disebut propelan, dan satu cairan lagi dengan titik didih pada temperatur yang jauh lebih tinggi dibanding propelan yang disebut produk. 

Produk adalah zat yang Anda gunakan, seperti parfum atau obat nyamuk, dan propelan adalah cairan yang digunakan untuk mendorong produk keluar dari kaleng (pada awalnya propelan menggunakan CFC, sekarang menggunakan bahan propelan lain). 

Propelan berfungsi memberikan tekanan yang dibutuhkan untuk mengeluarkan produk dari kaleng, dan dalam kombinasi dengan komponen lain mengubah produk ke bentuk fisik yang diinginkan.

Ketika katup ditekan dan terbuka, tekanan pada propelan cair di dalam kaleng akan langsung berkurang. Karena tekanan yang berkurang ini, propelan mulai mendidih dan menguap, lalu membentuk lapisan gas di bagian atas kaleng. Lapisan gas bertekanan tinggi ini selanjutnya akan mendorong produk cair, serta beberapa propelan cair, melalui selang sampai ke mulut tabung. 

Beberapa kaleng, seperti kaleng cat semprot, memiliki bantalan bola di dalam kaleng. Jika Anda mengguncang kaleng, bantalan bola tersebut akan bergerak dan membantu mencampur propelan dengan produk, sehingga produk didorong keluar dalam bentuk kabut yang halus.

Ketika produk dan propelan cair mengalir melalui mulut tabung, propelan dengan cepat akan mengembang dan menjadi gas. Dalam beberapa kaleng aerosol, hal ini membuat semprotan sangat halus. Dalam desain kaleng aerosol yang lain, propelan akan menguap dan membentuk gelembung dalam produk sehingga menciptakan produk seperti busa.

Related

Science 6470053321302303146

Recent

item