Panduan Lengkap Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis (Bagian 1)

Naviri Magazine - Menggunakan blog untuk berbisnis atau untuk mencari uang dengan beberapa jalan yang biasa ditawarkan di internet, tentu s...


Naviri Magazine - Menggunakan blog untuk berbisnis atau untuk mencari uang dengan beberapa jalan yang biasa ditawarkan di internet, tentu sah-sah saja, karena itu memang hak setiap pemilik blog. Lagi pula, bisnis internet atau bisnis online memang sedang menjadi tren sekarang ini, dan blog bisa dijadikan sebagai salah satu sarananya.

Biasanya, yang menjadi pertimbangan mengapa orang menggunakan blog untuk berbisnis adalah karena menginginkan penghasilan atau uang dari aktivitas nge-blog tersebut. Karena, kalau dipikir-pikir, memang blog sulit menghasilkan uang jika tidak diimbangi dengan bisnis. 

Karenanya, sekali lagi, menggunakan blog untuk mencari uang atau memperoleh penghasilan tentu wajar dan sah. Khususnya lagi kalau blog Anda termasuk memiliki pengunjung tetap yang banyak. 

Nah, agar upaya Anda untuk menghasilkan uang melalui blog bisa lebih lancar dan maksimal, berikut ini beberapa hal yang perlu Anda cermati terlebih dulu, untuk dapat memilih bisnis seperti apa yang sekiranya paling cocok dengan blog Anda. 

Memilih bisnis online yang menguntungkan

Ada banyak sekali model bisnis di internet yang bertebaran dan ditawarkan dengan berbagai bentuk dan ragamnya. Ada bisnis internet ala konvensional, dalam arti suatu situs menawarkan suatu barang dagangan tertentu kepada pengunjung, dan barang-barang yang ditawarkan itu memang berupa barang yang berwujud, semisal DVD, buku, majalah atau yang lainnya, dan barang-barang itu akan dikirimkan melalui jasa pos atau ekspedisi jika telah terjadi pemesanan atau pembayaran. 

Namun, ada juga bentuk bisnis online yang sama sekali tidak melibatkan barang yang berwujud. Misalnya, ada situs yang menjual aneka barang, namun semua barang itu bisa diperoleh dengan cara men-downloadnya. Barang-barang seperti ini biasanya berbentuk e-book atau buku elektronik, dan lain-lain semacamnya. Atau, ada pula bisnis online yang menawarkan suatu ruang di website untuk digunakan beriklan.

Nah, yang banyak ditawarkan di internet saat ini adalah bisnis yang merupakan ‘member get member’. Ini adalah bentuk bisnis yang memberikan kesempatan kepada kita untuk memiliki suatu bisnis di internet, tanpa kita harus memiliki modal besar, tanpa harus memiliki modal barang, bahkan juga bisa tanpa harus memiliki situs web sendiri.

Jadi, secara mudahnya, cara bisnis ini berlaku adalah seperti ini; suatu website di internet menawarkan suatu barang (entah barang berwujud ataukah barang yang di-download), dan apabila Anda berminat dengan barang tersebut, maka Anda bisa membelinya. Nah, urusannya tidak berhenti sampai di situ. 

Apabila Anda membeli barang dari mereka, dan kemudian Anda tertarik untuk ikut memasarkannya, maka Anda akan diberi kesempatan untuk memperoleh komisi untuk setiap penjualan yang dapat Anda hasilkan.

Besarnya komisi ini rata-rata adalah 50 persen untuk barang-barang penjualan yang di-download, dan sekitar 30 sampai 40 persen untuk penjualan barang-barang yang berwujud. 

Nah, dengan cara seperti ini, maka Anda dapat berbisnis di internet tanpa harus memiliki modal besar karena Anda bahkan tidak membutuhkan barang untuk dibisniskan. Anda hanya bertugas menawarkan barang tersebut kepada orang lain, dan apabila orang yang Anda tawari tertarik, maka si pemilik barang itulah yang akan memberikan barangnya, dan Anda akan memperoleh komisi dari penjualan itu.

Lebih dari itu, Anda bahkan terkadang tak perlu memiliki situs sendiri untuk bergabung dengan bisnis seperti ini, karena biasanya si pengelola bisnis itulah yang kemudian akan membuatkan situs khusus buat Anda guna tujuan penawaran barang mereka. 

Situs semacam itu biasanya disebut sebagai situs duplikasi. Jadi, situs itu dibuat oleh mereka, dengan suatu identitas tersendiri yang akan menjadi bukti bahwa itu adalah situs milik Anda.

Ada kalanya, bergabung dengan bisnis online semacam ini juga memberikan banyak keuntungan. Bahkan, kalau Anda mau bekerja keras dan sedikit beruntung, maka bisa jadi Anda akan dapat memperoleh banyak penghasilan dengan hanya menawarkan barang milik orang lain seperti ini. 

Apalagi pada saat ini ada cukup banyak bisnis online seperti ini yang memberlakukan jenjang pendapatan sebagaimana usaha MLM seperti yang biasa kita kenal. Jadi, komisi yang akan Anda peroleh tidak hanya dari penjualan yang Anda lakukan saja, tetapi juga dari orang lain yang pernah Anda ajak sebelumnya. 

Untuk mengetahui secara lebih jauh mengenai bisnis semacam ini, penjelasan di bawah ini dapat Anda cermati.

Pilihlah bisnis yang sesuai dan membuat Anda yakin 

Ada banyak bisnis online yang ditawarkan di internet, dan bisa saja semua pilihan yang ada itu dapat membuat Anda merasa bingung untuk memilih salah satunya. Untuk itu, diperlukan suatu pilihan tersendiri untuk dapat memilah dan memilih mana bisnis online yang dapat Anda ikuti dan mana yang sebaiknya ditinggalkan. 

Salah satu acuan yang dapat digunakan untuk hal ini adalah bisnis yang benar-benar sesuai dengan diri Anda, dan juga yang dapat membuat Anda yakin.

Umpama, kalau Anda menyukai membaca buku dan sangat dekat dengan dunia buku, maka ada bagusnya kalau Anda bergabung dengan bisnis online yang memperdagangkan buku atau e-book, daripada kalau Anda bergabung dengan bisnis online yang memperjual-belikan alat pancing, misalnya. Ini akan lebih sesuai dengan diri Anda, karena barang yang menjadi komoditas bisnis itu sesuai dan dekat dengan diri Anda.

Selain itu, Anda harus yakin dengan bisnis online yang Anda pilih itu. Jika Anda merasa ragu-ragu, maka sebaiknya tinggalkan saja, karena meskipun mungkin itu bisnis yang baik tetapi tidak akan membuat Anda merasa nyaman menjalankannya.

Lalu bagaimana bisnis online yang baik itu dalam hal lamanya waktu beredarnya di internet? Tidak bisa dipastikan. 

Ada bisnis online yang sudah berjalan dalam waktu lama namun masih juga dapat menjaring anggota baru atau sebaliknya sudah membuat jenuh, ada pula bisnis online yang baru muncul di internet tapi segera menjadi bisnis rebutan banyak orang, atau bisa pula menjadi bisnis yang dianggap aneh. Jadi tak ada takaran waktu yang pasti menyangkut hal itu.

Ambillah bisnis online yang belum jenuh

Sebagaimana yang dinyatakan di atas, tidak ada takaran pasti mengenai waktu ideal menyangkut bisnis online ini, karena bisa saja suatu bisnis sudah berjalan selama bertahun-tahun di internet tetapi masih terus saja dapat menjaring anggota baru. 

Namun ada pula suatu bisnis yang telah berjalan lama yang kemudian telah membuat jenuh para pengunjung internet. Sekali lagi, ini tetap saja tidak dapat dilekatkan dengan suatu waktu tertentu, karena bisa saja bisnis baru pun segera membuat jenuh.

Karenanya, dibutuhkan kecerdikan dan pengetahuan tersendiri untuk mengetahui mana-mana bisnis online yang sekiranya belum sampai di titik jenuh seperti itu. Biasanya, untuk hal ini dapat digunakan patokan anggota. Kalau suatu bisnis online telah memiliki anggota sekitar sepuluh ribu orang lebih, maka bisa dikatakan kalau bisnis itu sudah akan tiba di titik jenuhnya. 

Gambaran mudahnya seperti ini; kalau sepuluh ribu orang itu setiap harinya menawarkan bisnisnya di internet, maka itu berarti akan ada sepuluh ribu tawaran bisnis yang sama di internet. Kalau masing-masing dari sepuluh ribu orang itu mendapatkan satu anggota baru, maka itu berarti akan ada jumlah penawaran besar-besaran dalam satu bisnis yang sama di internet. 

Karenanya, kalau Anda kebetulan menemukan suatu tawaran bisnis baru yang belum memiliki banyak anggota, maka itu bisa dibilang sebagai bisnis segar yang masih jauh dari titik jenuh—dengan catatan kalau bisnis itu memang bagus.

Baca lanjutannya: Panduan Lengkap Jika Ingin Menggunakan Blog untuk Bisnis (Bagian 2)

Related

Tips 3174593583433286824

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item