Ini 10 Hewan Aneh yang Hidup di Kedalaman Palung Mariana (Bagian 1)


Naviri Magazine - Palung laut adalah bagian dasar laut yang dalam dan sempit. Bentuk palung mirip dengan corong air, dan bisa memanjang layaknya jurang. Di bumi, ada sebuah palung yang dianggap sebagai bagian terdalam dari lautan. Namanya Palung Mariana. 

Palung Mariana memiliki kedalaman 10.911 meter di bawah permukaan laut. Dari waktu ke waktu, para ilmuwan mengetahui aneka hewan aneh hidup di palung terdalam tersebut. Berikut ini sepuluh di antaranya.

Dumbo Octopus

Di kedalaman Palung Mariana, hidup sebuah hewan gurita yang lain daripada yang biasanya. Gurita tersebut memiliki bentuk yang sangat unik yang mungkin bisa menjadi ide Walt Disney untuk membuat sebuah film animasi. Gurita unik tersebut diberi nama Dumbo Octopus atau gurita Dumbo.

Dinamakan Dumbo karena gurita ini memiliki kemiripan dengan gajah Dumbo yang dibuat oleh Walt Disney. Letak kemiripannya ada di bagian telinga. Gurita Dumbo memiliki telinga besar seperti gajah Dumbo. Gurita Dumbo memiliki telinga yang panjangnya bisa mencapai 30 cm. Gurita Dumbo tinggal di Palung Mariana di kedalaman 2.987 sampai 3.962 meter.

Benthocodon

Berenang di tepi pantai, kalian kemungkinan bisa menemukan makhluk yang bernama ubur-ubur. Ya, bahkan nelayan yang tengah memancing ikan di laut juga sering menemukan ubur-ubur yang masuk ke dalam jaring. Tapi, kalian tidak akan bisa menemukan ubur-ubur Benthocodon di tepi pantai ataupun di tengah laut.

Benthocodon lebih memilih untuk berenang di perairan dalam, jauh dari jangkauan manusia. Benthocodon berenang di kedalaman 762 meter di bawah permukaan laut. Kadang juga bisa berenang sampai ke dasar lautan. Benthocodon memiliki bentuk tubuh yang unik, menyerupai lonceng. Makanan Bencthocodon adalah krustasea, foraminifera, dan organisme uniselular.

Hatchetfish

Penghuni Palung Mariana berikut ini adalah ikan Hatchetfish. Entah komentar apa yang harus diberikan untuk ikan aneh satu ini. Yang pasti adalah, ada kurang lebih 40 spesies ikan Hatchetfish yang berhasil diketahui oleh para peneliti. Semua jenisnya memiliki satu kesamaan yakni memiliki tubuh yang sangat kurus.

Ikan Hatchetfish biasanya memiliki ukuran yang kecil, sekitar 15 cm panjangnya. Hatchetfish hidup Palung Mariana di kedalaman 1.524 meter di bawah permukaan laut. Ikan ini memiliki kandungan bioluminiscent di dalam tubuhnya sehingga membuat ikan ini bisa bercahaya di kegelapan. Hatchetfish memiliki kemampuan bisa mengatur tingkat cahaya di tubuhnya untuk menghindar dari predator.

Anglerfish

Bagi yang tidak tahu, Anglerfish adalah jenis ikan dengan bentuk aneh, memiliki bagian tubuh yang dapat menyala, dan gigi yang tajam. Biasanya, ikan ini hanya dapat ditemukan di laut dalam yang gelap. Palung Mariana yang dalam dan juga gelap, adalah tempat tinggal yang pas sekali bagi ikan ini.  

Anglerfish biasanya dapat ditemukan di kedalaman 1.474 meter di bawah permukaan laut. Anglerfish jantan biasanya memiliki ukuran tubuh yang lebih kecil daripada betina. Di Palung Mariana, ada banyak ikan Anglerfish. Dua di antaranya adalah Footballfish dan Fanfin Sea Devil. Kedua jenis tersebut akan dibahas lebih lanjut di bawah.

Football Fish

Di Palung Mariana, kalian bisa menemukan ikan yang diberi nama Footballfish. Masih termasuk dalam keluarga Anglerfish, Footballfish banyak ditemukan di Samudra Atlantik, Samudra Hinda, dan Samudra Pasifik. Ikan Anglerfish jenis Footballfish sendiri ini masih bisa dibagi lagi menjadi 19 spesies.

Ikan Anglerfish memiliki sebuah kesamaan yaitu, ikan betina memiliki ukuran yang jauh lebih besar daripada ikan jantan. Football fish betina dapat tumbuh hingga 60 cm, sedangkan yang jantan hanya 4 cm. Ikan Footballfish pertama kali ditemukan pada tahun 1900an dan biasanya berenang di kedalaman 1.000 meter di bawah permukaan laut.

Baca lanjutannya: Ini 10 Hewan Aneh yang Hidup di Kedalaman Palung Mariana (Bagian 2)

Related

Science 8453992771104189985

Recent

item