Fakta-fakta Menarik Seputar Zeus, Raja di Atas Segala Dewa Olympus


Naviri Magazine - Zeus menetapkan dirinya sebagai sosok raja di atas dewa Olympus. Tapi, masih ada lagikah kisah menarik di belakangnya? Temukan beragam fakta tentang sosok Zeus di sini!

Dalam era para Titan, penguasa dunia mitologi Yunani sebelumnya, Cronus merupakan pemimpin agung dunia tersebut, sampai akhirnya Rhea, istrinya, melahirkan Zeus.

Zeus merupakan suami Hera, tapi ia punya berbagai keturunan yang lahir di luar pernikahan mereka. Beberapa di antaranya yang menjadi bukti adalah Athena, Apollo, Artemis, Hermes, Persephone, Dionysus, Perseus, Heracles, Helen of Troy, hingga Minos!

Pemberontakan Zeus

Ketika Zeus mencapai usia dewasa, ia menghadapi Cronus yang lama memakan saudara-saudaranya sedari lahir, dan akhirnya menjatuhkan tiran itu dan membebaskan kembali mereka semua dengan memaksa sang ayah untuk memuntahkannya! Setelah pemberontakan tersebut, barulah ia dikenal sebagai raja para dewa.

Nama versi Romawi

Zeus dihubungkan dengan sebutan Romawinya, Jupiter. Nama tersebut kemudian menjadi nama salah satu planet terbesar di galaksi Bima Sakti di mana Bumi mengorbit.

Zeus juga kerap dikaitkan dengan matahari, seperti dewa mitos Yunani, Hellenistic yang bernama Helios. Malah, matahari justru dikaitkan dalam mitologi Yunani sebagai mata Zeus.

Sebagai dewa yang terkenal dengan ikon petir, Zeus juga tidak kalah terkenal dengan hewan-hewan yang menjadi simbolnya. Zeus terkenal melalui hewan elang untuk langit dan banteng sebagai simbol kekuasaannya.

Terlepas dari berbagai pelanggaran yang dilakukan oleh Zeus di dalam kehidupannya sebagai dewa, ia merupakan dewa yang mewakili keadilan, pemerintahan, dan hukum.

Related

Mistery 2268543967480968681

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item