Fakta Kelam di Balik Kesuksesan iPhone yang Jarang Diungkap (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Fakta Kelam di Balik Kesuksesan iPhone yang Jarang Diungkap - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Akar bunuh diri di Foxconn

Dikutip dari catatan selamat tinggal dan wawancara sejumlah pekerja yang dikumpulkan Brian Merchant, laporan kompilasi yang disusun oleh 20 universitas Cina--dari hasil wawancara 1.800 buruh di 12 pabrik Foxconn, terkait rentetan kasus di 2010, dan audit yang dilakukan Fair Labor Assosiation pada 2012 ada kesimpulan bahwa penyebab utamanya adalah tekanan kerja yang terlampau tinggi di pabrik Foxconn. 

Xu, salah satu narasumber Merchant, berkata bahwa Foxcon “bukanlah tempat yang ideal untuk manusia.” Media lokal hingga internasional memang memberikan porsi liputan yang besar bagi kasus bunuh diri yang terjadi pada 2010, tapi hal ini tidaklah cukup untuk mengubah keadaan di pabrik menjadi lebih ideal, katanya. 

Kerja Xu dan rekan-rekannya kerapkali melampaui durasi normal. Mereka kerap dipaksa menjalani lembur sehingga total jam kerjanya mencapai 12 jam per hari. 

Menurut laporan Forbes bahkan ada yang menjalani 14 jam kerja per hari dan masuk selama tujuh hari penuh dalam seminggu. Belum lagi di tengah potensi kecelakaan kerja yang masih tinggi untuk ukuran pabrik merek terkenal dunia, para buruh juga seringkali telat mendapat bayaran, termasuk untuk upah lembur. 

Akar permasalahan untuk tingginya tekanan kerja di Foxconn, kata Xu dan dikonfirmasi buruh lain, adalah gaya para manajer yang terlalu agresif, tak manusiawi, dan gampang melancarkan beragam bentuk kekerasan verbal. Sikap ini ditengarai bertujuan untuk mendisiplinkan buruh, tapi efek buruknya adalah level depresi yang meningkat tajam dan membuat para buruh mudah terdorong untuk mengakhiri hidup. 

Beberapa bulan sebelum Merchant datang ke Foxconn, Xu menyaksikan seorang buruh yang dikenalnya melakukan bunuh diri. Kata Xu, buruh itu dipermalukan seorang manajer di depan umum karena ia melakukan sebuah kesalahan. 

Sang buruh tak terima dan mengajak berkelahi, tapi berhasil didamaikan aparat kepolisian. Menurut Xu, si buruh menjadikan masalahnya jadi sangat personal dan tak mampu menahannya lagi. Tiga hari berselang, si buruh loncat dari lantai 9 gedung pabrik. 

Xu bercerita bagaimana para manajer bisa marah sejadi-jadinya jika seorang buruh melakukan kesalahan kecil atau tempo kerjanya melambat. Cara memarahinya pun menegangkan: sang buruh disidang di depan buruh dan manajer lain agar ia malu dan tak mengulangi kesalahannya lagi. 

Akibat lingkungan kerja yang demikian, ditambah sikap culas dan tak jujur dari para manajer, Xu berkata rata-rata para buruh hanya bertahan satu tahun saja di Foxconn.

“Mereka (kalangan pekerja) menyebut Foxconn sebagai jebakan rubah sebab telah menipu banyak orang,” kata Xu

Ini berkebalikan dengan janji-janji Foxconn saat masa perekrutan, termasuk janji rumah gratis, tapi kemudian buruh dipaksa bayar listrik dan air dengan biaya yang tinggi. 

Para pekerja tidur di kamar sempit yang biasa dipakai untuk 8-12 orang. Foxconn mengelak dari segala bentuk asuransi sosial dan sering gagal membayar bonus. Banyak pekerja yang menandatangani kontrak tak adil sebab berisi aturan dihukum denda besar jika keluar dari pekerjaannya dalam tiga bulan pertama. 

Pada kejadian ancaman bunuh diri 150 orang buruh pada 2012, pihak manajemen sempat menjanjikan perbaikan kondisi kerja dan upah. Setahun setelahnya, sekelompok buruh dengan jumlah lebih kecil juga melakukan manuver serupa lalu Foxconn pun memenuhi permintaan mereka. 

Ancaman bunuh diri, pada akhirnya, jadi jalan satu-satunya dan yang paling efektif bagi para buruh Foxconn untuk menuntut hak-haknya. Hak para pekerja Foxconn tentu sebuah kewajaran di tengah kondisi berkebalikan dari produk-produk gawai yang komponennya mereka hasilkan mampu membantu kehidupan orang banyak seperti gawai iPhone yang kini ada di tangan miliaran orang di seluruh dunia.

Related

Smartphone 6244422708212272911

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item