Ini 5 Makanan yang Baik Dikonsumsi Sebelum dan Sesudah Mendapat Vaksin Covid-19


Naviri Magazine - Konsumsi makanan sehat sebelum dan setelah vaksin penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Berikut lima pola makan yang dianjurkan sebelum dan sesudah vaksin Covid-19.

Vaksin Covid-19 tengah gencar dilakukan untuk menciptakan herd immunity yang diharapkan pemerintah. Tetapi vaksin bukan berarti akan membuat tubuh tidak akan terserang coronavirus.

Setelah vaksin sekalipun, menjaga kesehatan dan mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan harus terus dijalankan agar tubuh terjauh dari virus. Pola hidup sehat juga sangat menentukan efek vaksin yang diterima serta gejala yang timbul setelah mendapatkan vaksin.

Dr. Leong Moh Ying selaku direktur medis dari klinik B&Co. selalu menekankan kepada masyarakat untuk tetap menjaga pola hidup yang seimbang serta pola makan sehat. Cukup makan makanan bernutrisi dan minum banyak air mineral menjadi pola makan sederhana yang selalu disarankan oleh banyak ahli sekalipun.

Berikut ini 5 pola makan yang disarankan sebelum dan sesudah vaksin Covid-19:

1. Konsumsi Makanan yang Bersifat Antiinflamasi

Merasa mual setelah mendapatkan vaksin merupakan hal yang wajar karena tubuh tengah bekerja menyiapkan imunitas yang lebih kuat. Makan makanan yang memiliki sifat antiinflamasi yang tinggi dikaitkan dengan penurunan efek samping yang kurang nyaman.

"Salah satu tanda tubuh tengah berfungsi adalah dengan mengalami inflamasi akut dengan gejala-gejala yang sangat tidak nyaman, baik nyeri maupun demam," kata Dr. Long Moh Ying.

Sifat antiinflamasi yang ada pada makanan dikatakan dapat membantu tubuh kembali netral dari radikal bebas yang masuk. Makanan yang bersifat antiinflamasi misalnya minyak zaitun, minyak ikan, kacang-kacangan, rempah seperti jahe, kunyit dan lainnya, sayuran hijau serta masih banyak makanan lainnya.

2. Hindari Alkohol

Konsumsi alkohol dikaitkan dengan penyebab dehidrasi yang akan dialami oleh tubuh. Tidak hanya dehidrasi, alkohol juga dapat memengaruhi sistem imunitas dan respon vaksin.

"Kadar alkohol dalam jumlah sedikit mungkin tidak akan memberikan efek terhadap keefektifan vaksin tetapi jika dalam jumlah banyak sangat mungkin mempengaruhi vaksin," kata Dr. Leong Moh Ying.

Jika ingin merayakan karena telah menerima vaksin secara penuh dalam dua dosis, sebaiknya hindari minuman beralkohol. Tubuh juga masih membutuhkan sistem imunitas yang kuat untuk melawan virus walaupun sudah divaksin.

3. Minum yang Cukup

Selain alkohol, minuman dengan kadar gula yang tinggi harus dihindari. Minuman dengan kandungan gula tambahan di dalamnya dalam menyebabkan lonjakan gula darah.

Bahkan pada jus kemasan sekalipun sebaiknya dihindari dan pilih untuk mengonsumsi jus yang dibuat alami sendiri di rumah agar lebih sehat. Memenuhi cairan tubuh ini sangat diperlukan terutama air mineral.

Cairan tubuh yang cukup akan sangat membantu untuk menjaga sistem sirkulasi dan membantu antibodi dari vaksin cepat menyebar. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh juga akan membuat vaksin menjadi lebih efektif dan meringankan efek samping dari vaksin. Air putih menjadi pilihan terbaik.

4. Makan yang Cukup

Sebelum maupun setelah vaksin sebaiknya tetap menjaga porsi makan dengan jumlah yang sesuai. Mengurangi atau menambahkan porsi makan tidak akan memberikan efek yang berpengaruh pada efektivitas vaksin.

"Jika kamu harus memilih antara lebih sedikit, normal atau lebih besar, pilih porsi makanan yang sesuai dengan pola makan biasanya," kata Dr. Leong Moh Ying.

Perubahan pola makan yang signifikan justru dapat mengejutkan tubuh danmemengaruhi imunitas. Imunitas yang terpengaruh tersebut bisa saja menjadi melemah sehingga menurunkan efektivitas vaksin.

5. Konsumsi Sup Hangat dan Bernutrisi

Bagi beberapa orang efek vaksinasi salah satunya adalah penurunan nafsu makan. Walaupun sebagian merasakan justru mengalami kenaikan nafsu makan yang sangat pesat tetapi sangat memungkinkan adanya efek yang berbeda-beda pada setiap individu.

"Disamping makan yang sesuai, orang yang sudah divaksinasi dengan gejala penurunan nafsu makan sebaiknya banyak konsumsi sup atau kaldu," kata Dr. Leong Moh Ying.

Sup atau kaldu yang dicampur dengan rempah-rempah akan sangat ampuh untuk mengatasi gejala yang timbul setelah vaksin. Salah satu cara yang dapat dilakukan misalnya mengonsumsi sup atau kaldu yang telah dicampurkan dengan jahe, kunyit maupun rempah berkhasiat lainnya.

Related

Health 1416122383125017086

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item