Buat yang Isolasi Mandiri, Ini Gejala yang Mengharuskan Anda Segera ke Rumah Sakit


Naviri Magazine - Orang dengan gejala ringan yang dinyatakan sehat harus melakukan isolasi mandiri di rumah. Rata-rata gejala akan muncul 5-6 hari setelah seseorang pertama kali terinfeksi virus ini, tetapi bisa juga 14 hari setelah terinfeksi.

Kapan harus ke RS saat bergejala?

Jika terinfeksi Covid-19 dibuktikan dengan hasil tes positif, maka ada dua kemungkinan perawatan yang bakal Anda tempuh.

Dokter spesialis paru Erlina Burhan mengatakan, pasien Covid-19 tidak perlu menjalani perawatan rumah sakit jika tidak bergejala, atau bergejala ringan.

"Kapan harus ke rumah sakit kalau positif Covid-19? Ketika ada gejala sesak napas, kalau tidak ada gejala sesak, ya tidak perlu," kata Erlina.

Erlina mengatakan, pasien Covid-19 harus mendapat perawatan di fasilitas medis jika timbul gejala sesak. Salah satu tanda yang bisa diperhatikan di antaranya adalah menarik napas lebih dari 24 kali dalam satu menit.

"Kalau ada oxymeter, diukur saturasi oksigennya kurang dari 94, maka harus segera ke rumah sakit," ucap Erlina.

Pasien bergejala demam, pusing, dan pilek bisa menjalani perawatan di rumah dengan diberikan obat-obatan sesuai resep dokter. Konsumsi suplemen multivitamin atau vitamin C juga disarankan.

Related

Health 5299518482991763032

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item