Fakta Terselubung di Balik Amal dan Sumbangan Bill Gates (Bagian 1)


Naviri Magazine - Beberapa waktu lalu, Bill Gates menjadi berita utama di negara-negara dunia karena melunasi utang Nigeria. Masyarakat Indonesia juga tertarik pada berita itu, dan menganggap Bill Gates sebagai orang kaya-raya yang murah hati, hingga utang satu negara dilunasi olehnya.

Kenyataannya, sejak lama Bill Gates memang sudah dikenal sebagai sosok yang dermawan. Ia bahkan membentuk sebuah lembaga amal bersama istrinya, dan lembaga amal itu ia gunakan untuk berderma dan menyumbang berbagai pihak untuk berbagai keperluan. Seperti yang baru-baru terjadi, yaitu sumbangan besar yang ia berikan kepada Nigeria.

Pada tahun 2014, Nigeria berutang $76 juta atau sekitar Rp1,02 triliun kepada Jepang dengan jangka waktu pelunasan 20 tahun. Utang ini menjadi bagian dari Overseas Development Assistance (ODA) yang diberikan pemerintah Jepang dalam rangka pemberantasan polio di negara Afrika yang mulai pulih dari resesi itu. 

Untungnya, Nigeria tak perlu menunggu hingga 2024 untuk lepas dari jerat utang. Bill Gates, pengusaha piranti lunak asal Amerika Serikat yang berkali-kali didaulat sebagai orang terkaya di dunia, baru saja menjadi malaikat penyelamat dengan melunasinya lebih awal. 

Sebagaimana dikutip dari Quartz Africa, keputusan Bill & Melinda Gates Foundation diteken setelah Nigeria “mencapai lebih dari 80 persen cakupan vaksinasi setidaknya dalam satu putaran setiap tahunnya di area berisiko sangat tinggi di 80% wilayah lokal.” Nigeria mampu melewati 2017 tanpa laporan kasus polio baru. Pemerintah Jepang juga mengonfirmasi telah menerima wewenang pelunasan tersebut. 

Menurut laman resminya, Bill & Melinda Gates Foundation (BMGF) menjadi kanal bagi Bill dan istrinya dalam berkegiatan filantropis sejak tahun 2000. Dengan jangkauan donasi yang menyebar lebih di 100 negara, BMGF yang pusatnya terletak di Seattle, Washington D. C., AS, mendirikan kantor cabang di India, Cina, Inggris, Ethiopia, hingga Afrika Selatan. Per 2016, total karyawannya mencapai lebih dari 1.400 orang yang dipimpin oleh Dr. Susan Desmond-Hellmann selaku CEO. 

Faktor yang membuat Bill Gates punya reputasi besar sebagai orang berhati malaikat adalah nilai hibah BMGF. Totalnya sejak berdiri hingga tahun 2016 mencapai $413 miliar. BMGF pun kerap didaulat sebagai lembaga donor paling murah hati sedunia. 

Apalagi ada banyak nama-nama besar yang mendukung finansial BMGF. Salah satunya adalah Warren Buffet, salah satu investor dan filantropis tersukses di dunia, yang juga berperan sebagai salah satu wali amanat BMGF. 

Namun citra Bill Gates tak seluruhnya putih di mata khalayak. Pada 2016, Global Justice Now, sebuah lembaga pemerhati keadilan global yang berbasis di Inggris, merilis laporan cukup panjang yang menyatakan bahwa kegiatan filantropi Bill Gates berpengaruh terhadap kebijakan negara-negara lain, terutama di bidang kesehatan dan agrikultur. 

Aktivitas filantropi Gates disebut-sebut memiliki “komitmen ideologis untuk mempromosikan kebijakan ekonomi neoliberal dan globalisasi korporasi.” 

Visi ini diterjemahkan sebagai privatisasi pelayanan kesehatan dan sekolah privat oleh BMGF. Bahayanya, lanjut laporan yang sama, adalah praktik ini “mengubah kebutuhan pokok menjadi komoditas yang dikontrol oleh pasar.” 

Khusus untuk pendidikan, kritik datang karena teknologi yang dipakai dalam program tersebut adalah produk korporasi Bill Gates sendiri. Singkatnya, ada motivasi meraih keuntungan.

BMGF punya modal besar sampai-sampai mampu menjadi pendonor terbesar kedua Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan berbagai lembaga kesehatan privat lain. Menurut laporan Global Justice Now, lembaga-lembaga kesehatan privat memanfaatkan kedekatan dengan BMFG dan pengaruhnya ke WHO untuk memaksimalkan keuntungan korporasi. 

Contohnya adalah GlaxiSmithKline dan Pfizer. Keduanya adalah produsen vaksin untuk penyakit pneumonia satu-satunya di dunia. Pneumonia adalah salah satu pembunuh anak di bawah lima tahun di dunia berkembang. 

Baca lanjutannya: Fakta Terselubung di Balik Amal dan Sumbangan Bill Gates (Bagian 2)

Related

International 2679640536721680687

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item