Ini 8 Tanda Orang Introvert, Apakah Kamu Termasuk?


Naviri Magazine - Introvert adalah salah satu kepribadian yang dimiliki seseorang, dimana orang tersebut cenderung lebih senang menyendiri. Kepribadian tersebut sangat bertolak belakang dengan kepribadian ekstrovert. Seorang ekstrovert justru cenderung lebih senang bersosialisasi dan dikelilingi oleh banyak orang.

Seperti dikutip dari Verywell Mind, diperkirakan ada sebanyak 25 sampai 40 persen dari populasi adalah orang-orang yang memiliki kepribadian introvert. Apakah kamu termasuk ke dalam golongan orang-orang pemilik kepribadian introvert tersebut? Untuk mengetahuinya, berikut ini 8 tanda-tanda orang introvert yang perlu kamu tahu.

Berada di Tengah Banyak Orang Membuatmu Merasa Lelah

Apakah kamu pernah merasa kelelahan setelah berkumpul dan berbicara dengan banyak orang? Jika iya, kemungkinan besar kamu memiliki kepribadian introvert. Menghabiskan waktu bersama banyak orang membuatmu merasa kehabisan energi dan membutuhkan waktu sendiri untuk kembali tenang. 

Bukan berarti bahwa orang-orang introvert adalah orang yang anti sosial, hanya saja mereka cenderung lebih memilih untuk bersama sahabat-sahabat dekatnya dibandingkan berinteraksi dengan orang-orang baru.

Senang Menyendiri

Jika kamu orang yang memiliki kepribadian introvert, kamu cenderung lebih menikmati waktumu sendiri. Dengan demikian, kamu bisa menggunakannya untuk mendalami hobi atau mengerjakan apapun yang kamu sukai. Bisa dengan membaca buku, menonton film, ataupun melakukan kegiatan lain yang dapat menyenangkan dirimu. 

Hal-hal tersebut dapat meningkatkan mood-mu jadi lebih baik. Bukan berarti seorang introvert akan selalu menyendiri, hanya saja biasanya setelah seharian melakukan aktivitas sosial, dia akan lebih memilih berada di tempat yang tenang sendirian untuk mengisi ulang energinya.

Hanya Punya Sedikit Teman Dekat

Walaupun orang introvert cenderung lebih suka menyendiri, namun bukan berarti mereka tidak suka berteman. Orang-orang introvert memang tidak memiliki banyak teman, tetapi mereka memiliki sedikit sahabat yang memang sangat dekat dengannya.

Dianggap Pendiam dan Sulit Didekati

Orang-orang yang memiliki kepribadian introvert sering dinilai sebagai orang yang pendiam dan sulit didekati. Tidak sedikit juga yang menganggapnya sebagai orang pemalu. Sebenarnya hal itu karena orang-orang yang introvert tidak ingin menghabiskan energinya untuk obrolan yang dianggapnya tidak penting.

Tidak Bisa Fokus di Lingkungan yang Terlalu Sibuk

Berada di lingkungan yang terlalu sibuk bisa membuat orang introvert jadi kewalahan dan sulit untuk fokus. Hal itu sangat berbeda dengan orang-orang ekstrovert, yang justru akan merasa bosan jika sendirian.

Bisa Mengerti Diri Sendiri dengan Lebih Baik

Orang-orang introvert cenderung sering menghabiskan waktu dengan dirinya sendiri. Dengan demikian, orang-orang introvert memiliki pengetahuan dan wawasan yang sangat baik dengan diri sendiri. 

Introvert cenderung menikmati, memikirkan, dan memeriksa berbagai hal dalam pemikiran mereka sendiri. Bagi orang-orang introvert, kesadaran dan pemahaman diri sangatlah penting.

Lebih Suka Belajar Melalui Pengamatan

Berbeda dengan orang-orang berkepribadian ekstrovert yang lebih senang belajar dari pengalaman dengan cara terjun langsung, orang-orang yang introvert justru lebih senang belajar melalui observasi. 

Sementara ekstrovert biasanya belajar melalui trial and error, introvert belajar paling baik dengan menonton. Introvert suka melihat orang lain melakukan tugas, sering kali berulang kali, sampai mereka merasa bahwa mereka dapat meniru dengan baik.

Lebih Senang Menyelesaikan Pekerjaannya Sendiri

Introvert tidak terlalu menyukai pekerjaan yang melibatkan banyak interaksi dengan orang lain. Mereka akan lebih bahagia jika bisa mengerjakan dan menyelesaikan pekerjaannya sendiri. Itulah mengapa orang-orang introvert cocok menjadi penulis, akuntan, programmer komputer, desain grafis, atau ahli farmasi.

Related

Psychology 4067808378083071735

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item