Ini Perbedaan Flu Biasa dan COVID-19 yang Penting Diketahui


Naviri Magazine - Serupa tapi tak sama, COVID-19 dan flu memang memiliki beberapa kemiripan dari segi gejala yang ditimbulkan. Namun dua penyakit ini sebenarnya berbeda.

Keduanya memang sama-sama menyerang pernapasan dan bisa menular dengan kontak dekat dalam jarak kurang dari 2 meter. Flu dan COVID-19 juga menyebar lewat droplet aerosol yang menyembur ketika seseorang berbicara, bersin atau batuk.

Seperti dilansir Mayo Clinic, perbedaan flu biasa dan COVID-19 paling pertama tentu adalah virus penyebab penyakit. COVID-19 disebabkan oleh virus Corona yang bernama SARS-CoV-2, sedangkan flu adalah virus influenza A dan B.

Gejala flu biasa dan COVID-19 yang dirasakan penderita umumnya hampir sama. Seperti demam, batuk, napas pendek, kelelahan, tenggorokan sakit, pilek, nyeri sendi, sakit kepala dan mual muntah. Namun perbedaan flu biasa dan COVID-19 pada penderita COVID-19 umumnya juga mengalami kehilangan kemampuan indra perasa dan penciuman.

Gejala COVID-19 biasanya muncul dua sampai 14 hari setelah terpapar. Sementara flu umumnya dirasakan satu hingga empat hari setelah tertular. Selain itu COVID-19 cenderung lebih menular dan menyebar dengan cepat daripada flu.

Penyakit berat seperti cedera atau kerusakan pada paru-paru juga lebih banyak terjadi pada pasien COVID-19 ketimbang flu. Begitu pula risiko kematian akibat penularan.

Demikian perbedaan flu biasa dan COVID-19 yang penting diketahui. Dikarenakan virus penyebab penyakit yang berbeda, vaksin yang diberikan untuk pencegahan pun berbeda. Perlu diingat bahwa vaksin flu tidak bisa melindungi tubuh dari serangan COVID-19.

Related

Health 4894538245579045396

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item