Mengenal Aneka Manfaat Anggur untuk Kesehatan (Bagian 4)


Naviri Magazine - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Mengenal Aneka Manfaat Anggur untuk Kesehatan - Bagian 3). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Membantu mengatasi kelelahan

Anggur hijau mengandung zat besi yang lebih tinggi daripada anggur berwarna gelap. Zat besi tersebut membantu mengatasi kelelahan dan mencegah anemia. Antioksidan pada anggur juga melindungi sel tubuh dari kerusakan, dan membantu mempercepat perbaikan otot.

Selain itu, jus anggur juga mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya zat besi dapat mengurangi kelelahan jika diimbangi istirahat yang cukup.

Meringankan asma

Asama adalah penyakit yang menyebabkan napas sesak. Anggur mengandung zat assimiratory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal itu sangat baik bagi penderita asma, karena dapat mengurangi masalah sesak napas.

Sebagai antibakteri

Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

Mencegah Alzheimer

Penelitian menunjukkan, anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindarkan penyakit Alzheimer. Hal itu dimungkinkan, karena anggur mengandung resveratrol, yaitu polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

Mencegah masalah payudara

Penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi jus anggur berwarna ungu dapat membantu mencegah masalah payudara, semisal kanker, dan secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

Mengatasi sembelit

Di dalam buah anggur terdapat asam organik, gula, dan selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Kandungan tersebut sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

Menyembuhkan migrain

Migrain atau sakit kepala sebelah, diderita oleh sebagian orang. Jika Anda kebetulan mengidap masalah yang sama, Anda bisa mengatasinya dengan rutin mengonsumsi jus anggur murni yang tidak dicampur air, setiap pagi. 

Membantu memperpanjang usia

Resveratrol diketahui membantu meningkatkan kemampuan tiga gen yang terkait dengan perpanjangan usia, yakni SirT1s, Fox0s, dan PBEFs. 

Beberapa peneliti mengungkapkan, resveratrol mampu meniru kerja pembatasan kalori, dan meningkatkan harapan hidup sel ragi hingga 70 persen. Namun, masih diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai korelasinya pada manusia.

Melembapkan kulit wajah

Selain untuk kesehatan, anggur juga dapat dimanfaatkan untuk kecantikan, salah satunya melembapkan kulit wajah. Untuk hal ini, Anda dapat mengambil sebutir anggur, mengirisnya menjadi dua bagian, lalu oleskan pada wajah. 

Diamkan selama 15 menit, kemudian dibasuh dengan air bersih. Melakukan hal itu secara rutin dua kali sehari—pagi dan malam sebelum tidur—dapat membantu melembapkan kulit secara alami.

Mencerahkan wajah

Di samping melembapkan wajah, anggur juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi wajah yang kusam. Caranya, ambil satu atau dua buah anggur, dan kupas kulitnya. Setelah itu, remas dengan tangan. Campurkan remasan anggur tersebut dengan 2-3 tetes madu, lalu oleskan ke wajah. Diamkan sekitar 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Catatan:

Anggur adalah buah dengan kandungan antioksidan yang baik untuk tubuh manusia. Namun, meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika ingin mengonsumsi anggur.
  • Pastikan Anda tidak mengidap diabetes. Kandungan gula dalam anggur cukup tinggi, dan bisa menambah parah diabetes Anda.
  • Pastikan anda mencuci bersih anggur yang akan dikonsumsi. Hal itu untuk antisipasi, kalau-kalau anggur telah disemprot dengan bahan pestisida yang tidak baik untuk tubuh.
  • Jangan simpan anggur terlalu lama di kulkas, karena dapat menyebabkan kontaminasi dengan bakteri lain yang ada dalam kulkas.

Related

Health 643069410528418258

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item