Mengenal Aneka Manfaat Buah Blackberry untuk Kesehatan


Naviri Magazine - Blackberry, atau buah beri hitam, telah ada sejak ribuan tahun lalu. Blackberry banyak terdapat di bagian timur Amerika Utara, Kepulauan Inggris, juga Eropa Barat. Selain disebut blackberry, buah ini juga dikenal dengan nama black raspberry. 

Selain memiliki rasa yang lezat, buah ini juga mengandung banyak nutrisi yang memberi sejumlah manfaat bagi kesehatan. Ekstrak tanaman blackberry mengandung zat anthocyanin, flavonoid, dan senyawa fenol.

Blackberry juga terkenal karena bergizi tinggi, mengandung serat pangan, vitamin C, vitamin K, asam folat, vitamin B, dan mineral esensial. Dalam 100 gram buah blackberry, terdapat kandungan nutrisi berikut ini:
  • Energi: 43 kkal
  • Total serat: 5,3 g
  • Total gula: 4,9 g
  • Kalsium: 29 mg 
  • Magnesium: 20 mg
  • Mangan: 0,6 mg
  • Copper: 0,2 mg 
  • Potasium: 162 mg
  • Natrium: 1 mg
  • Vitamin A: 214 IU
  • Vitamin C: 21 mg
  • Vitamin K: 20 µg
  • Asam folat: 36 µg
  • Beta Karoten: 128 µg
  • Lutein + zeaxanthin: 118 µg 

Dengan kandungan nutrisi yang berlimpah, blackberry pun memiliki kemampuan dalam membantu merawat kesehatan, di antaranya menjaga kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah tinggi, dan menjaga organ pernapasan. Selanjutnya, berikut ini uraian khasiat blackberry dalam menunjang kesehatan.

Memperkuat daya tahan tubuh

Kandungan vitamin C dalam blackberry sangat berlimpah, setidaknya dua kali lebih banyak dibanding blueberry. Vitamin C dalam blackberry sangat penting dalam meningkatkan fungsi dan daya tahan tubuh.

Ursula Arens, pakar nutrisi senior dari Inggris, menyatakan, “Vitamin C dalam blackberry sangat penting bagi sistem kekebalan tubuh kita, dan untuk kesehatan jantung serta membantu menurunkan tekanan darah. Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan lain yang dimakan pada saat bersamaan, sehingga dapat mengurangi risiko anemia.”

Menjaga kesehatan pencernaan

Selain dalam hal vitamin C, blackberry juga memiliki keunggulan lain, yaitu serat yang sangat tinggi, dibandingkan rata-rata buah lain. Dalam hal ini, Ursula Arens mengatakan, “Serat dalam blackberry sangat penting bagi usus agar berfungsi dengan baik, dan membantu mempertahankan berat badan yang sehat, selain meningkatkan kesehatan dengan membantu menurunkan kolesterol.”

Mempercepat penyembuhan luka

Kandungan penting lain dalam blackberry adalah senyawa tanin, yang berfungsi mempercepat penyembuhan luka. Sarah Wilson, pakar gizi dari Princess Grace Hospital, London, menyatakan bahwa mengoleskan buah blackberry pada kulit yang terluka akan mengencangkan jaringan, sehingga membantu menyempitkan pembuluh darah dan mengurangi perdarahan.

Mengatasi sel kanker

Blackberry mengandung anthocyanin atau sekelompok pigmen pada tumbuhan yang memiliki sifat antioksidan. Beberapa anthocyanin dapat menghambat pertumbuhan sel tumor. Selain itu, blackberry juga mengandung senyawa kimia C3G, atau biasa dikenal sebagai flavonoid, yang terbukti efektif melawan kanker kulit dan kanker paru-paru.

Melindungi kesehatan mata

Kesehatan mata kita bisa bermasalah akibat terpapar radiasi ultraviolet atau sinar matahari. Jika selama ini wortel kerap dianggap sebagai makanan yang menyehatkan mata, begitu pula blackberry. 

Buah blackberry mengandung lutein, yang berfungsi melindungi mata dari pembentukan pigmen makul, yang merupakan daerah paling sensitif terhadap cahaya, dan terletak di belakang retina. Lutein membantu mencegah kerusakan mata yang disebabkan oleh radiasi ultraviolet.

Membantu pembentukan tulang

Mengonsumsi segenggam buah blackberry dapat memberi hampir setengah asupan harian mangan yang direkomendasikan. Mangan adalah sumber mineral yang baik. Mangan membantu membentuk jaringan ikat tubuh, dan penting untuk membangun struktur tulang yang kuat.

Meningkatkan pertumbuhan sel

Satu lagi nutrisi penting dalam blackberry adalah folat, atau yang juga dikenal sebagai vitamin B9 atau asam folat, yang memiliki peran penting dalam pembelahan dan pertumbuhan sel sehat. Karenanya, wanita hamil dianjurkan mengonsumsi blackberry, untuk mengurangi risiko bayi lahir cacat.

Mengatasi insomnia

Orang yang kerap susah tidur atau menderita insomnia, bisa sering mengonsumsi blackberry. Buah ini mengandung magnesium yang mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Saat aliran darah lancar, maka tubuh pun akan terasa lebih ringan, dan Anda jadi mudah mengantuk. 

Selain magnesium, blackberry juga mengandung tembaga yang bermanfaat untuk metabolisme tulang serta meningkatkan produksi sel darah merah dan sel darah putih dalam tubuh, sehingga tubuh Anda menjadi lebih kuat dan tidak mudah sakit.

Mengonsumsi blackberry secara rutin sangat membantu Anda dalam memerangi penyakit kanker, penuaan, peradangan dalam tubuh, serta penyakit saraf. Hal itu disebabkan karena blackberry memiliki kandungan senyawa antioksidan yang tinggi.

Related

Health 6537480160853805715

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item