Penting! Ini Kata Pakar soal Satu-satunya Cara Ampuh Hadapi Virus Varian Delta


Naviri Magazine - Seiring lonjakan kasus COVID-19 yang kini dihadapi Indonesia, muncul temuan sejumlah varian virus Corona baru. Di antaranya, varian Delta atau B1617.2 yang pertama kali ditemukan di India dan disebut-sebut lebih mudah menular. Bahkan, sejumlah pihak khawatir varian ini mampu 'kabur' dari vaksin.

Hal ini dibenarkan oleh profesor kedokteran di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland, Dr Kirsten Lyke. Ia menegaskan, hal terakhir yang bisa diupayakan untuk melindungi diri dari varian Delta adalah memakai masker.

"Varian Delta lebih infektif, lebih menular. Dengan begitu, ditambah masih ada sebagian besar negara yang belum 50 persen masyarakatnya divaksin, saya pikir rekomendasi masker adalah pendekatan paling tepat sejak awal pandemi," ujarnya, dikutip dari TIME.

Pendapat serupa ditegaskan oleh dokter spesialis penyakit dalam asal Indonesia, dr Andi Khomeini Takdir. Ia menyebut apa pun varian Corona yang muncul seiring mutasinya, masker adalah kunci.

"Varian apa pun yang kemudian nanti dirilis, kuncinya sebenarnya sederhana, masker. PR-nya kita sudah tahu, itu masker 2 lapis punya proteksi 90 persen which is lebih bagus, lebih tinggi daripada hanya 1 (lapis masker)," terang dokter spesialis penyakit dalam dr Andi Khomeini Takdir, SpPD, dalam konferensi pers virtual.

"Jangan hanya berhenti sebatas kita tahu, tapi kita jadikan sebagai kebiasaan. Kita disiplinkan, kita ingatkan satu sama lain. Hanya dengan itu kita bisa turunkan kasusnya," lanjutnya.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyatakan, masker dobel 90 persen efektif mencegah penularan virus. Ditambahkan oleh Satgas COVID-19, masker medis sebaiknya digunakan berlapis dengan masker kain.

Agar tidak mengganggu filtrasi, sebaiknya masker medis tidak digunakan berlapis dengan masker medis lainnya. Sedangkan masker KN95 lebih baik tidak didobel dengan masker jenis apa pun.

Related

Health 6258363285484540802

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item