Perlu Tahu, Ini 3 Gejala Covid-19 yang Umum Ditemukan pada Lansia


Naviri Magazine - Kalangan lanjut usia (lansia) merupakan salah satu kelompok yang rentan terpapar Covid-19. Berikut gejala Covid-19 pada lansia.

Staf Medis Departemen Ilmu Penyakit Dalam Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Soedjono, mengatakan pasien lansia yang ditanganinya tak menunjukkan gejala khas Covid-19 saat pemeriksaan awal. Rata-rata mengalami keluhan awam seperti kehilangan nafsu makan.

"Kalau gejala yang kita kenal kan sakit tenggorokan, demam, atau sesak. Kalau gejala Covid-19 pada lansia ini biasanya hanya kehilangan nafsu makan saja, tidak khas sama sekali, tahu-tahu mereka sudah positif," jelas Soedjono di Media Center Satgas Covid-19 Graha BNPB.

Ia mengingatkan pendamping lansia untuk sensitif terhadap perubahan ini. Bahkan, kata dia, perubahan perilaku disertai pikun bisa menandakan ada penyakit berat di belakangnya.

"Mereka menjadi agresif yang tadinya tenang. Yang tadinya mudah mengikuti rutinitas keseharian tiba-tiba sering menolak atau mondar-mandir, tidak mau ikuti rutinitas yang dilakukannya selama ini," kata dia.

Menurut Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), berikut gejala Covid-19 pada lansia, selain gejala umum.

1. Nafsu makan hilang tiba-tiba
2. Terjadi perubahan perilaku yang tidak biasa
3. Kehilangan kesadaran

Kendati demikian, masing-masing orang memiliki respons yang berbeda terhadap Covid-19. Sebagian besar orang yang terpapar virus SARS-CoV 2 akan mengalami gejala ringan hingga sedang, dan akan pulih tanpa perlu dirawat di rumah sakit.

Gejala yang paling umum:
- demam
- batuk kering
- kelelahan

Gejala yang sedikit tidak umum:
- rasa tidak nyaman dan nyeri
- nyeri tenggorokan
- diare
- konjungtivitis (mata merah)
- sakit kepala
- hilangnya indera perasa atau penciuman
- ruam pada kulit, atau perubahan warna pada jari tangan atau jari kaki

Gejala serius:
- kesulitan bernapas atau sesak napas
- nyeri dada atau rasa tertekan pada dada
- hilangnya kemampuan berbicara atau bergerak

Segera cari bantuan medis jika mengalami gejala serius, termasuk gejala Covid-19 pada lansia, mengingat lansia cenderung memiliki penyakit bawaan yang lebih rentan. Selalu hubungi dokter atau fasilitas kesehatan yang ingin Anda tuju sebelum mengunjunginya.

Related

Health 6569157607360542027

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item