Tips Hidup Tenang dan Bahagia, Tanpa Harus Selalu Terikat Media Sosial


Naviri Magazine - Anda mungkin sudah tahu istilah FOMO atau fear of missing out, atau takut akan ketinggalan, kondisi saat Anda selalu merasa ketakutan ketinggalan informasi atau mengetahui hal-hal yang sedang tren di luar sana (di media sosial). Sudah banyak ahli yang menyebutkan dampak negatif FOMO, salah satunya bisa membuat Anda lebih stres.

Menurut praktisi kedokteran fungsional William Cole, IFMCP, DNM, DC, itulah pentingnya Anda mulai menerapkan hidup JOMO atau kependekan dari joy of missing out, atau kegembiraan karena ketinggalan, yang berkebalikan dari FOMO. Mengapa? Karena 5 manfaat berikut ini bisa Anda rasakan.

Menurunkan respon stres

Selama stres, hormon stres tubuh (kortisol) dalam keadaan siaga tinggi. Meskipun ini adalah respons normal, tetapi kadar kortisol yang tinggi secara kronis dapat menyebabkan banyak masalah kesehatan. 

Dengan menerapkan hidup JOMO, Anda akan lebih berkomitmen hanya pada hal-hal yang paling penting dan sejalan dengan tujuan hidup Anda. Jika tidak selalu merasa ketinggalan, Anda memberi ruang untuk bernapas tanpa selalu merasa gelisah.

Makan lebih sehat

Semakin sibuk, semakin besar kemungkinan Anda untuk mengambil apa pun yang termudah dan tercepat untuk dimakan. Namun, semakin Anda menikmati hidup, semakin banyak waktu yang dimiliki untuk memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuh. 

Ini karena gaya hidup JOMO dapat memberi Anda lebih banyak kesempatan untuk berbelanja, memasak, dan duduk untuk menikmati makanan, karena tidak merasa selalu terburu-buru.

Mencoba banyak hal baru

Dengan menerapkan hidup JOMO, itu akan membebaskan waktu untuk pertumbuhan pribadi karena Anda tidak lagi terikat pada jadwal apa yang Anda pikir harus dilakukan. 

Sebaliknya, Anda akan dapat melakukan apa yang sebenarnya ingin dilakukan. Poin plusnya, semakin Anda menemukan kepuasan saat mencoba banyak hal baru, semakin sedikit Anda merasa tertinggal oleh apa yang dilakukan orang lain.

Menghilangkan orang-orang “beracun”

Ketika Anda mulai memiliki hidup JOMO, siapa pun yang bukan teman sejati akan segera menyingkirkan diri dari kehidupan Anda. Pada dasarnya, jika Anda tidak melayani, mereka akan dengan cepat melupakan Anda dan mencari “mangsa” lain. Semakin sedikit waktu yang Anda berikan untuk media sosial, semakin sedikit waktu yang Anda habiskan untuk terjebak dalam “drama” di sana.

Membantu melepaskan masa lalu

JOMO memberi Anda kesempatan untuk terus-menerus merenungkan apa yang sedang terjadi saat ini. Dengan pandangan hidup yang lebih penuh perhatian, Anda dapat meluangkan waktu yang diperlukan untuk melihat kembali apa pun dari masa lalu Anda—baik atau buruk—dan menggunakannya untuk membuat keputusan terbaik untuk masa depan.

Related

Tips 5549196706586956862

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item