Cek Fakta: Benarkah Qusthul Hindi Bermanfaat Menyembuhkan Covid-19?


Naviri Magazine - Beredar di media sosial, manfaat Qusthul Hindi yang disebut bisa menyembuhkan infeksi Covid-19. Benarkah demikian? 

Dalam postingan yang beredar di media sosial, ramai dibahas Qusthul Hindi alias kayu India, obat herbal yang dipercaya memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut petikan sejumlah klaim terkait manfaat Qusthul Hindi:

"Mustinya yang sakit Covid-19 minum Qusthul Hindi GOBISA halal herbal biar cepat sembuh. Daya tahan tubuh kuat biar bahagia bersama keluarga."

"Qusthul Hindi sifatnya panas kering, cocok buat Covid-19 yang sifatnya dingin lembap."

"Khasiat Qusthul Hindi berdasarkan informasi beberapa dokter di Timur Tengah yaitu: menguatkan sistem imun, obat mag, masalah pencernaan, kesehatan rambut, mengobati asma, dll."

Penjelasan:

Qusthul Hindi merupakan tanaman asli India yang memiliki nama ilmiah Saussurea costus. Ekstrak Qusthul Hindi digunakan dalam berbagai pengobatan tradisional, dan dikenal dengan nama minyak atsiri.

Laman Instagram dr Adam Prabata menuliskan manfaat Qusthul Hindi sebagai pencegahan dan pengobatan Covid-19. Unggahan tersebut menuliskan bahwa manfaat Qusthul Hindi untuk Covid-19 baru sebatas simulasi komputer.

Adam Prabata yang tengah menempuh pendidkan Doktoral di Kobe University menjelaskan bahwa sejumlah manfaat bisa didapatkan dengan mengonsumsi Qusthul Hindi, yakni anti-peradangan, mengurangi keluhan batuk piletk, dan antivirus.

Meski begitu, karena penelitian untuk manfaat Covid-19 masih sebatas simulasi komputer, Qusthul Hindi belum bisa dikategorikan sebagai obat ataupun suplemen untuk Covid-19.

Hingga kini, belum ada obat yang berhasil mencegah dan mengobati Covid-19 yang telah melalui uji klinis. Keterangan tersebut bisa ditemukan di laman Covid19.go.id yang mengutip WHO.

"Sampai saat ini, belum ada obat khusus yang disarankan untuk mencegah atau mengobati penyakit yang disebabkan virus corona baru (COVID-19). Mereka yang terinfeksi virus harus menerima perawatan yang tepat untuk meredakan dan mengobati gejala, dan mereka yang sakit serius harus dibawa ke rumah sakit. 

“Sebagian besar pasien sembuh karena perawatan untuk gejala yang dialami. Beberapa perawatan spesifik saat ini tengah diteliti, dan akan melalui uji klinis. WHO membantu mempercepat upaya penelitian dan pengembangan dengan sejumlah mitra."

Kesimpulan: Hoaks.

Qusthul Hindi belum melalui uji klinis ilmiah untuk bisa dikategorikan sebagai obat Covid-19. Hingga saat ini, belum ada obat yang terbukti ilmiah bisa mengobati Covid-19.

Related

News 1362508462576885051

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item