Film-film Bagus yang Inspiratif dan Sangat Menyentuh Hati (Bagian 1)


Naviri Magazine - Sebuah film bisa memberi inspirasi bagi penontonnya, terkait cinta, hubungan, persahabatan, keluarga, atau kehidupan yang lebih luas. Karenanya, saat menyaksikan sebuah film, kita bisa ikut hanyut dalam kisahnya, tersenyum, tertawa, atau bahkan sampai menangis. 

Film-film yang sangat menyentuh hati semacam itu umumnya film drama, meski bukan berarti film dari genre lain tidak mampu menyentuh hati penontonnya. Berikut ini adalah daftar film bagus yang sangat menyentuh hati dari berbagai negara, yang memberi inspirasi dan pelajaran-pelajaran berharga. 

Edward Scissorhands
Pemain: Johnny Depp, Winona Ryder

Bagaikan sebuah dongeng di zaman modern. Seorang nenek bercerita kepada cucunya tentang seorang pria bernama Edward yang tangannya berupa gunting. Ia lelaki yang kesepian, tinggal sendirian di sebuah rumah di atas bukit, sebelum seorang wanita baik hati mengajaknya tinggal di rumahnya.

Forrest Gump
Pemain: Tom Hanks, Robin Wright, Gary Sinise, Mykelti Williamson, Sally Field

Film ini menceritakan seorang pria dengan IQ 75 dan epik perjalanan hidupnya, bertemu tokoh-tokoh bersejarah, mempengaruhi budaya pop, bahkan turut dalam peristiwa-peristiwa bersejarah tanpa menyadari betapa pentingnya peristiwa itu, akibat kecerdasannya yang di bawah rata-rata.

Atonement
Pemain: James McAvoy, Kiera Knightley

Film ini merupakan adaptasi dari novel “Atonement” karya Ian McEwan. Film ini dibagi menjadi empat bagian. Bagian pertama, asal muasal konflik cerita. Bagian kedua, tentang perjuangan Robbie di medan perang. Bagian ketiga, tentang Robbie dan Cecila yang akhirnya bersatu kembali. Dan bagian terakhir, berdekade-dekade kemudian, tentang penebusan (atonement) Briony yang sudah lanjut usia.

500 Days of Summer
Joseph Gordon-Levitt, Zooey Deschanel

Sinopsis: Film ini mengisahkan seorang pemuda yang harus melewati 500 hari ketika hidupnya kedatangan seorang wanita cantik yang memberikan segala hal yang baik dan buruk untuknya. 

Ada seorang pemuda kesepian bernama Tom (Joseph Gordon-Levitt) yang kerjanya sehari-hari adalah menulis kalimat singkat untuk kartu ucapan. Ia merasa hidupnya akan bahagia jika sudah bertemu gadis impiannya. 

Up
Pengisi Suara: Edward Asner, Christopher Plummer, Jordan Nagai, Bob Peterson

Carl Fredricksen adalah bocah pendiam yang bersahabat dengan cewek tomboy bernama Ellie, yang ternyata sama-sama mengidolakan Charles Muntz, seorang penjelajah. 

Carl dan Ellie lalu menikah. Kehidupan mereka, yang diperlihatkan tanpa adegan berbicara, terlihat sangat bahagia, dengan musik yang ceria, dan obsesi pertama mereka adalah memiliki anak. Setelah mempersiapkan segalanya, kenyataan berubah ketika Ellie dinyatakan oleh dokter bahwa ia tidak dapat hamil. 

Life Is Beautiful
Pemain : Roberto Benigni, Nicoletta Braschi, Giorgio Cantarini, Giustino Durano, Horst Buchholz

Sinopsis: Mengambil setting di Italia pada awal PD II, film ini bercerita mengenai seorang lelaki bernama Guido yang sangat menikmati kehidupannya. Terlepas dari masalah apa pun yang dihadapinya, tak lupa ia bernyanyi dan menari. Baginya, hidup benar-benar untuk dinikmati, tak ada waktu untuk bermuram durja.

A Thousand Words: 
Pemain: Eddie Murphy, Clark Duke, Cliff Curtis

Bagi Jack McCall, kepandaian merangkai kata adalah senjata ampuh. Dengan kepandaian merangkai kata itu pula, Jack selalu berhasil mengambil keuntungan dari orang-orang. Celakanya, kata-kata itu pula yang jadi bumerang buat Jack. Semakin banyak kata yang diucap, semakin pendek pula umur Jack.

Suatu ketika, Jack berencana memanfaatkan Dr. Sinja. Sayangnya, Jack ketahuan dan Dr. Sinja mengutuk Jack. Sebuah pohon tiba-tiba tumbuh di halaman belakang rumah Jack. Untuk setiap kata yang diucapkan Jack, satu daun akan gugur ke tanah. Dan saat daun terakhir gugur, maka matilah pohon itu, begitu juga dengan Jack.

Revolutionary Road
Pemain: Leonardo Di Caprio, Kate Winslet

Frank Wheeler dan April adalah sepasang suami-istri yang tinggal di pinggiran kota Connecticut, bersama dua anak mereka. Tanpa mereka sadari, 'jarak' yang ada di antara mereka makin hari bertambah lebar.

Frank adalah pekerja kantor yang memiliki penghasilan lumayan besar. Namun, di satu titik, karir yang menjanjikan tak lagi membuat Frank puas. Sementara, di sisi lain, Kate juga mengalami hal sama. Kate sangat ingin berkarir di bidang seni peran, namun karena kondisi yang tak memungkinkan, ia akhirnya berusaha membunuh mimpi-mimpinya.

The Way
Pemain: Martin Sheen

The Way menceritakan seorang dokter bernama Thomas Avery (Martin Sheen) yang datang ke St Jean Pied de Port, Perancis, untuk mengumpulkan jejak anaknya yang tewas di Pyrenees karena badai, saat melakukan perjalanan ke Camino de Santiago/Jalan St James. 

Didorong oleh kesedihan yang mendalam dan keinginan untuk memahami anaknya dengan lebih baik, Tom memutuskan untuk memulai ziarah sejarah, meninggalkan kehidupannya di California.

Dengan sebuah ransel dan buku panduan, Tom memulai ziarah berjarak 800 km dari Pyrenees. Dalam perjalanan itu, ia menemukan dirinya tidak sendirian. Tom bertemu peziarah lain dari seluruh dunia, yang coba mencari arti hidup mereka.

P.S. I Love You
Pemain: Gerard Butler, Hilary Swank

Gerry yang berkebangsaan Irlandia adalah segalanya bagi Holly. Mereka bertemu saat Holly sedang ikut rombongan wisata kampus ke Irlandia. Pertemuan itu berlanjut ke pernikahan yang sangat bahagia. Sayang, kebahagiaan mereka tidak seperti dongeng, yang berlangsung selamanya. Tumor otak yang diderita Gerry memisahkan mereka berdua.

The Vow
Pemain: Chaning Tatum, Rachel McAdams

Leo (Channing Tatum) dan Paige (Rachel McAdams) saling mencintai. Itu juga yang mendasari keputusan mereka untuk menikah. Mereka berharap tak lagi ada yang bisa memisahkan mereka, sampai maut datang. 

Suatu ketika, Leo dan Paige mengalami kecelakaan mobil. Keduanya selamat, namun Paige mengalami koma. Dengan penuh cinta kasih, Leo merawat Paige. Leo sabar menunggu sampai Paige terjaga nanti.

The Words
Pemain: Bradley Cooper, Zoe Saldana, Olivia Wilde, Jeremy Irons, Ben Barnes, Dennis Quaid

Dalam film ini, Bradley Cooper berperan sebagai Rory Jansen, seorang penulis yang setelah melewati perjuangan berat akhirnya memperoleh kesuksesan lewat novel karyanya. Namun, di puncak kesuksesan, Rory harus dihadapkan dengan seseorang yang mengaku bahwa dialah yang mengarang novel tersebut. Dilema dan prahara kehidupan Rory pun dimulai.

The Impossible
Pemain: Naomi Watts, Ewan McGregor, Tom Holland

Maria (Naomi Watts), Henry (Ewan McGregor), dan tiga putra mereka, mulai liburan musim dingin mereka di Thailand. Suatu pagi tanggal 26 Desember, ketika keluarga ini bersantai di sekitar kolam renang setelah perayaan Natal pada malam sebelumnya, terdengar raungan mengerikan dari pusat bumi. Air laut tiba-tiba meluap, dan menghanguskan bangunan-bangunan yang ada di sekitar.

Berdasarkan kisah nyata, kisah yang tak terlupakan dari sebuah keluarga dengan puluhan ribu orang asing, terperangkap dalam salah satu bencana alam terburuk di zaman kita, tsunami. Tetapi, dengan keberanian dan semangat yang dimiliki Maria dan keluarganya, akhirnya mereka dapat bertemu kembali setelah sempat terpisah berjam-jam.

Will
Pemain: Bob Hoskins, Damian Lewis, Perry Eggleton

Will Brennan, yang berumur 11 tahun, adalah penggemar terbesar Liverpool FC. Di sekolah anak-anak di Inggris, cinta dan pengetahuannya tentang sepakbola bahkan mengalahkan teman-temannya, dan Will sangat terobsesi sepakbola. Tapi hidupnya terbalik ketika ayahnya yang lama menghilang, Gareth, muncul kembali dengan tiket ke Liga Champions 2005 Final di Istanbul.

Sebelum keduanya bisa memulai sesuatu yang baru, Gareth meninggal tiba-tiba, dan meninggalkan Will selamanya. Mencari sepotong makna dalam dunia yang tampaknya telah meninggalkannya, Will melarikan diri ke Turki untuk menghormati memori ayahnya, dan untuk bersama klub tercinta, Liverpool FC. 

Lihat lanjutannya: Film-film Bagus yang Inspiratif dan Sangat Menyentuh Hati (Bagian 2)

Related

Film 8121347678067210923

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item