Ini 5 Camilan Sehat sekaligus Enak yang Bisa Dinikmati Penderita Diabetes



Naviri Magazine - Penderita diabetes harus waspada terhadap asupan makanan. Jika ingin camilan yang manis dan tetap aman, enam camilan yang direkomendasikan para ahli ini bisa dikonsumsi.

Bagi penderita diabetes, gula dari makanan manis ataupun karbohidrat menjadi musuh utama yang berbahaya. Hal ini disebabkan oleh produksi insulin pada penderita diabetes yang tidak akan cukup untuk mengolah asupan gula berlebih.

Ternyata penderita diabetes bukan berarti tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali. Sama sekali tidak mengonsumsi makanan manis justru akan menimbulkan hipoglikemia atau gula darah rendah yang dapat merujuk pada gejala seperti jantung berdebar, kesulitan konsentrasi atau bahkan hingga mengalami penurunan kesadaran.

Untuk tetap memenuhi kebutuhan asupan makanan manis, para ahli kesehatan masih mewajarkan konsumsi makanan manis yang sehat bagi penderita diabetes. Hanya saja jumlah dan jenis makanannya harus dibatasi agar tidak menyebabkan lonjakan gula darah.

Berikut ini 5 camilan manis yang sehat untuk penderita diabetes menurut Healthline:

1. Dark Chocolate

Dark chocolate merupakan jenis coklat yang murni tanpa tambahan pemanis sehingga aman untuk penderita diabetes. Di supermarket dark chocolate bisa ditemukan dengan mudah dengan ciri khas kemasan yang bertuliskan kadar cacaonya. Biasanya mulai dari 60% hingga 70%.

Konsumsi dark chocolate masih diperbolehkan untuk penderita diabetes dengan batas aman tidak melebihi 28 gram dalam sekalimakan. Kandungan flavonoid yang ada dalam dark chocolate ini justru dianggap sebagai komponen yang bermanfaat untuk mencegah resisten insulin dan menjaga kesehatan jantung penderita diabetes.

2. Pir

Pir merupakan buah berair dengan rasa manis alami yang sehat untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pir seberat 140 gram mengandung 4 gram serat dan 21,3 gram karbohidrat yang dicerna perlahan sehingga tidak akan meningkatkan gula darah terlalu cepat.

Konsumsi pir secara rutin justru dapat membantu menstabilkan kadar gula darah sesaat setelah makan sebuah pir. Menurut sebuah penelitian, konsumsi buah pir segar juga bisa menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan kemampuan tubuh mengendalikan kadar gula darah.

3. Apel

Apel merupakan buah yang paling banyak memiliki fungsi kesehatan dibalik rasanya yang lezat dan bernutrisi. Pada seporsi apel berukuran 28 gram didalamnya terkandung 5 gram serat alami yang aman untuk indeks glikemik penderita diabetes.

Konsumsi apel sebagai camilan sehat juga menjadi cara yang paling sederhana untuk menangkal rasa lapar atau bekal untuk di jalan. Konsumsi apel secara rutin sebelum makan nasi bahkan telah terbukti dapat mengendalikan kadar gula darah yang dihasilkan dari indek glikemik pada nasi.

4. Anggur

Anggur menjadi buah kecil yang cocok untuk dikonsumsi di antara waktu makan atau camilan sehat untuk dibawa sebagai bekal. Anggur memiliki kadar serat yang sangat baik dan membantu untuk penderita diabetes.

Pada seporsi anggur berukuran 75 gram bahkan mengandung 1 gram serat serta 14 gram karbohidrat yang rendah kadar indeks glikemiknya sehingga aman untuk penderita diabetes. Anggur juga memiliki kandungan antioksidan dan polifenol yang dapat menurunkan stres oksidatif serta melindungi komplikasi pada penderita diabetes.

5. Greek Yogurt

Pada porsi 200 gram greek yogurt mengandung 20 gram protein yang baik untuk mengenyangkan penderita diabetes. Banyak ahli yang juga menyarankan yogurt, terutama jenis Greek yogurt, untuk dijadikan camilan bagi penderita diabetes.

Greek yogurt bisa meningkatkan asupan protein dan sangat baik untuk membantu mengendalikan rasa lapar. Selain itu konsumsi yogurt secara rutin juga dikaitkan dengan asupan vitamin D dan probiotik yang baik untuk mengendalikan gula darah bagi penderita diabetes.

Related

Health 6160660418154207319

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item