Mengenal Aplikasi Pedulilindungi: Fungsi, Tujuan, dan Cara Menggunakannya


Naviri Magazine - Sering banget mendengar Pedulilindungi, sebenarnya ini apa sih? Pedulilindungi.id adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (covid-19). 

Aplikasi Pedulilindungi adalah kolaborasi Kemenkominfo, Kemenkes, Kementerian BUMN, dan BNPB. Pedulilindungi akan mengidentifikasi orang-orang yang pernah berada dalam jarak dekat dengan orang yang dinyatakan positif covid-19 atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan) atau ODP (Orang Dalam Pemantauan). 

Hal itu akan sangat membantu ketika orang tersebut tidak dapat mengingat riwayat perjalanan dan dengan siapa saja dia melakukan kontak. Dalam hal privasi, aplikasi ini sangat memerhatikan kerahasiaan pribadi pengguna. Data mereka disimpan aman dalam format terenkripsi dan tidak akan dibagikan kepada orang lain.

Dalam laman resmi Pedulilindungi dijelaskan bahwa aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian, agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita covid-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi covid-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Ada apa saja di dalam aplikasi Pedulilindungi?
 
1. Membantu pelacakan untuk menghentikan penyebaran covid-19

Dengan mengaktifkan lokasi, kamu akan membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (covid-19).
 
2. Informasi zonasi dan notifikasi keramaian

Kamu akan mendapatkan infomasi area zonasi persebaran covid-19 (merah, kuning, hijau) sesuai dengan lokasi yang dipilih dan mendapatkan notifikasi jika covid-19 berada di keramaian.
 
3. Pemeriksaan kesehatan

Jika kamu memerlukan bantuan tenaga kesehatan, kamu bisa menggunakan fitur Teledokter untuk melakukan pemeriksaan kesehatan mandiri dan berkonsultasi dengan tenaga kesehatan terkait kondisi kesehatan kamu.
 
Bagaimana cara mengunduh aplikasi Pedulilindungi?

1. Download atau unduh aplikasi Pedulilindungi yang ada di App Store dan Play Store

2. Masuk ke dalam aplikasi klik Register

3. Kamu akan diminta memasukkan informasi, yaitu Nama Lengkap, NIK, dan Nomor Ponsel. Masukkan One Time Password atau OTP yang masuk dalam SMS di handphone kamu

4. Pilih klik Paspor Digital. Pilih nama untuk memunculkan sertifikat vaksin dan klik 'Unduh' agar dapat mendownload dan menyimpan Sertifikat Vaksin kamu

5. Sertifikat telah ter-download. Kamu bisa juga logout dari akun Pedulilindungi
 
Apa pentingnya aplikasi Pedulilindungi?

Saat ini percepatan vaksinasi covid-19 terus dilakukan oleh pemerintah dan berbagai pihak. Dan hal ini tentunya untuk terus meningkatkan herd immunity dan menurunkan angka positif covid-19.

Dan syarat sudah vaksinasi berupa sertifikat menjadi salah satu yang harus dilengkapi saat kamu akan terbang atau saat ini menjadi aturan untuk masuk mal. 

Selama PPKM, sertifikat vaksin menjadi salah satu syarat perjalanan dalam dan luar negeri dan mulai menjadi syarat masuk ke pusat perbelanjaan atau mal, salah satunya Lippo Mall Puri, Kembangan, Jakarta Barat.

Bandara dalam pengelolaan PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) mewajibkan calon penumpang menggunakan aplikasi PeduliLindungi, guna melengkapi proses untuk bisa terbang. Nah, jadi saat ini kamu sudah tahu kan, aplikasi ini bisa lebih memudahkanmu dan sekaligus memberikan berbagai informasi.

Related

Indonesia 1650589361874504107

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item