Sinopsis The Killing Fields, Kisah Suram di Masa Pemerintahan Khmer Merah


Naviri Magazine - Film The Killing Fields menggambarkan cerita seorang jurnalis Amerika, Sydney Schanberg, dan jurnalis asal Kamboja, Dith Pran, yang meliput situasi di Kamboja dari awal masuknya Khmer Merah. 

Sampai akhirnya ia dipulangkan kembali ke negaranya, sedangkan Pran, sama seperti rakyat Kamboja lainnya, dipaksa untuk meninggalkan Pnom Penh dan tinggal di desa sebagai petani yang harus bekerja selama enam belas jam setiap harinya.

Selama berada dalam pengawasan Khmer Merah, Pran menyamar sebagai seorang petani bodoh yang tidak pernah mengenyam pendidikan. Hal itu dilakukan karena Khmer sangat memusuhi orang-orang berpendidikan, dan tentaranya akan membunuh orang-orang yang dulunya berprofesi sebagai dokter, guru, dsb.

Setelah beberapa kali gagal, Pran akhirnya berhasil melarikan diri. Ia berjalan kaki beribu mil, sampai perbatasan Kamboja. Di sana ia bertemu kembali dengan sahabatnya, Sydney.

Pol Pot sebagai satu-satunya penguasa di Kamboja saat itu mengaplikasikan pemikiran komunisme, Marxisme-Leninisme. Dimana ia sangat tidak setuju dengan adanya masyarakat tanpa kelas, tapi ia mengaplikasikannya secara ekstrem. Yaitu dengan memaksa rakyat yang hidup di kota untuk dipaksa bekerja sebagai petani, diberi makanan yang sangat sederhana, dan dihapus hak-hak individunya.

Pol Pot juga memusuhi orang-orang berpendidikan, orang-orang yang mempunyai kekuasaan atau pengaruh, dan orang-orang yang dulunya bekerja sebagai staf Lon Nol. Sehingga orang-orang dari golongan ini langsung dibunuh. 

Rezim Pol Pot dinyatakan bertanggung jawab terhadap meninggalnya dua juta jiwa rakyat Kamboja yang mati karena penghilangan nyawa, beban kerja yang terlalu berat, kelaparan, dan tekanan yang terlalu besar yang diberikan oleh Khmer Merah.

Di masa ini pula Kamboja hidup terkucil dari negara-negara lain. Ia hanya bekerjasma dengan Cina dan Swiss.

Related

Film 7149903840342025759

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item