Ilmuwan Merancang Pakaian Tembus Pandang yang Bikin Manusia Bisa Menghilang


Naviri Magazine - Manusia bisa melihat suatu benda karena benda tersebut menghalangi lewatnya gelombang cahaya. Jika pada benda tersebut diliputi satu lapis materi spesial yang mengandung Refractive index negative, secara teoritis bisa membuat cahaya tanpa hambatan meneruskan laju ke depan, dengan demikian benda tersebut secara visual sudah lenyap.

Kini standar iptek belum bisa membuat orang menghilang, tetapi sangat mungkin merencanakan sebuah mantel penyirna tubuh. 
 
Universitas Duke, AS, menyatakan bisa membuat metamaterial yang bisa membelokkan cahaya. Bahan penyirna semacam ini dibuat dari sejumlah besar bahan sintetis yang menyerupai fiber glass dan dibentuk dengan sistem susunan mendatar, bisa membalikkan gelombang elektromagnetik, dengan mengubah sorotan cahaya untuk menyembunyikan benda.

Saat ini peneliti telah sukses memperluas area wilayah yang bisa menghadang gelombang cahaya, meningkatkan dengan tajam kemampuan menutupi benda.
 
Metamaterial, selain bisa dibuat mantel penyirna tubuh, juga bisa dipergunakan di optical fiber communication, dibuat speed fiber optic, diperkirakan bisa meningkatkan minimal 10 kali lipat kecepatan online saat ini.

Related

Science 1435498916103603407

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item