Menguak Misteri dan Pesan-pesan Tersembunyi dari Film Horor ‘Us’


Naviri Magazine - Bagaimana rasanya saat kita tiba-tiba mengetahui ada sosok lain yang memiliki wajah begitu mirip dengan kita? Hal tersebut tentu menjadi seuatu yang membingungkan sekaligus menakutkan, terlebih jika sosok tersebut berusaha membunuh kita. Tema inilah yang diangkat dalam film berjudul Us.

Film Us menyajikan kisah teror yang mengerikan dan beberapa adegan yang cukup sadis. Jadi, siapkan mental sebelum menonton film ini ya! Inilah review dan sinopsis film Us, film tentang teror dari sosok pembunuh yang mirip dengan diri sendiri.

Sinopsis

Film Us diawali dengan adegan saat seorang anak bernama Adelaide atau Addie mengunjungi sebuah festival di Santa Cruz. Ia kemudian terpisah dari orang tuanya, dan masuk ke sebuah wahana bernama House of Mirrors, dan menjerit ketakutan. Adegan kemudian beralih saat Addie telah dewasa, dan memiliki suami serta dua orang anak.

Sang suami, Gabe, mengajak Addie untuk pulang ke kampung halamannya di Santa Cruz. Namun rupanya Addie menyimpan suatu trauma di masa kecilnya. Saat kembali dari wahana House of Mirrors, Addie kecil sempat tak mau berbicara dan berinteraksi dengan siapa pun, seolah sedang syok.

Butuh waktu lama untuk Addie bisa kembali menjalani hidupnya seperti saat ini. Saat mereka tengah berlibur ke Santa Cruz, mereka pun mulai mengalami teror di malam hari. Sosok misterius mulai menyerang rumah yang mereka sewa. Keluarga itu pun terkejut saat sosok misterius itu menampakkan diri.

Mereka melihat empat orang yang begitu mirip dengan Addie, Gabe, dan kedua anaknya, Zora dan Jason. Mereka memegang senjata berupa gunting yang tajam. Sosok yang mirip mereka itu pun menyekap mereka di rumah, dan sosok jahat mirip Addie yang bernama Red kemudian menceritakan mengenai siapa mereka.

Mereka adalah para objek eksperimen gagal yang selama ini disembunyikan di bawah tanah. Orang-orang yang disebut doppelganger ini merupakan cerminan dari manusia-manusia yang tinggal di bumi. Saat si manusia melakukan hal apapun, para doppelganger juga melakukan gerakan yang sama di bawah tanah. Begitu pula saat si manusia cerminannya menikah dan memiliki anak.

Para doppelganger rupanya terdiri dalam jumlah yang banyak. Malam itu, para doppelganger menyerang orang-orang yang mirip mereka, dan berusaha menguasai dunia. Addie dan keluarganya berusaha menyelamatkan diri dari serangan para makhluk yang mulai menyebar di semua tempat itu.

Kekacauan pun terjadi dimana-mana. Addie bahkan terpisah dari suami dan anak-anaknya. Putra bungsunya, Jason, juga sempat diculik oleh Red. Addie kemudian berhasil menemukan Jason saat ia kembali ke wahana House of Mirrors yang didatanginya saat kecil dulu. Di tempat itu, Red juga menjelaskan mengenai apa yang terjadi dengan mereka.

Pada akhirnya, Addie berhasil menyelamatkan Jason dan mengalahkan Red. Saat melarikan diri dengan mobil, Addie kembali teringat tentang apa yang terjadi di masa kecilnya. Saat memasuki House of Mirrors, Addie bertemu dengan Red kecil, yang begitu mirip dengannya. Namun saat itu, Red mencoba bertukar posisi dengan Addie.

Addie yang sebenarnya pun terjebak di bawah tanah dan menggantikan posisi Red. Sementara Red adalah orang yang selama ini menyamar menjadi Addie. Di awal kembalinya dari House of Mirror, Addie kecil tak mau berbicara karena ia sebenarnya adalah Red yang tidak tahu cara berkomunikasi dengan orang-orang.

Addie asli yang terjebak sekian lama di bawah tanah pulalah yang menjadi motor penggerak para doppelganger untuk naik ke atas dan menyerang manusia, karena hanya ialah satu-satunya manusia asli yang bisa berbicara. Di akhir adegan, film ini diakhiri sebuah cliffhanger yang menunjukkan bahwa Jason juga tampaknya tertukar dengan doppelganger-nya.

Horror yang Sadis dan Menegangkan

Film Us tak hanya menyajikan kisah horor yang hanya menakuti-nakuti atau sekadar memberi jumpscare pada para penontonnya. Film ini menyajikan kisah horor mengenai teror yang terasa lebih nyata dan menakutkan. Cerita tentang teror yang dilakukan oleh sosok makhluk yang mirip dengan diri kita sendiri merupakan ide cerita yang menciptakan kengerian tersendiri.

Tak hanya kisah horor yang menegangkan, film ini juga banyak dibumbui berbagai adegan sadis dan berdarah-darah yang mungkin cukup mengerikan bagi beberapa orang. Adegan pembunuhan yang disajikan dengan cukup brutal ini juga akan menambah kengerian dari film ini. 

Plot Twist dan Akhir yang Menggantung

Hal terbaik lainnya dari film Us adalah plot twist tak terduga yang disajikan di alur ceritanya. Film ini memberikan kejutan tak terduga di akhir film yang akan membuat para penontonnya tercengang. Tak ada yang menyangka jika sosok protagonis yang diteror sepanjang film rupanya sosok penjahat sebenarnya yang menukar dirinya di masa kecil.

Selain menyajikan kejutan tak terduga, film ini juga diakhiri dengan ending yang menggantung, seolah membiarkan para penonton memutuskan sendiri bagaimana akhir film ini sebenarnya. Di akhir film, sosok Jason yang diselamatkan dari ruang bawah tanah tampak tersenyum, dengan senyum yang menyeramkan ke arah kamera.

Tidak ada penjelasan pasti mengenai apa yang terjadi sebenarnya pada Jason, dan bagaimana akhir pelarian Addie dan Jason. Akhir cerita yang dibuat open ending ini membuat para penonton bisa memberikan imajinasinya sendiri mengenai apa yang terjadi sebenarnya pada kedua karakter tersebut.

Makna Tersembunyi dan Pesan Sosial dalam Film Us

Sebagai sutradara, Jordan Peele sangat cerdas untuk menyelipkan makna-makna tersembunyi dari setiap adegan di film Us. Meski dikemas dalam genre horror, film ini juga menyampaikan perlawanan kelas. Sebuah pesan bahwa mereka dari kelas bawah akan datang untuk menghancurkan kita, dan kita pantas menerimanya.

Film ini juga dengan cerdas menyisipkan pesan-pesan tersembunyi di setiap adegan. Misalnya gunting yang menjadi senjata para makhluk bawah yang menggambarkan dua sisi, yaitu mereka dan kembarannya. Film ini juga sedikit menyisipkan peristiwa yang pernah terjadi di Amerika pada tahun 1986, saat orang-orang bergandengan tangan untuk membantu para tunawisma.

Ada pula seorang pria yang membawa sebuah papan bertuliskan Yeremia 11:11, yang jika dicari artinya dalam Alkitab adalah “sangat mengerikan” yang menandakan betapa mencekamnya film ini. Dengan banyaknya makna dan pesan tersembunyi di sepanjang film Us, kamu harus menonton film ini dengan cukup teliti!

Itulah review dan sinopsis film Us, sebuah film mengenai teror mengerikan dari sosok yang mirip diri sendiri, yang dijamin akan membuatmu merinding di sepanjang film. 

Related

Film 6422421126092579985

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item