Ini 5 Hal Baik dan Pelajaran yang Bisa Diambil dari Ketidakpastian Hidup


Naviri Magazine - Apa yang terjadi dalam hidup, tidak ada yang bisa memprediksi. Sehingga, rasa gelisah atau khawatir akan hal yang bisa terjadi di masa depan kerap menghantui. Belum lagi setiap orang akan dikejutkan dengan berbagai kejadian yang tak terduga di setiap hari, entah menyangkut kebahagiaan maupun kesedihan.

Hidup memang penuh dengan ketidakpastian. Setiap rencana yang kita ciptakan pun tak ada jaminan bisa berhasil. Karena ada banyak sekali kemungkinan yang bisa terjadi.

Namun, terlepas dari hal itu, ada beberapa hal baik yang kerap kamu abaikan tentang ketidakpastian dalam hidup ini. Apa saja?

1. Membuatmu menjadi pribadi yang penuh ketenangan

Kamu tahu bukan bahwa banyak hal di dunia ini yang berada di luar kendali kita? Ya, salah satunya ketidakpastian tentang hidup ini. Karena satu hal yang pasti bisa dikendalikan adalah diri kita sendiri.

Ketika kamu menyadari hakikat dari ketidakpastian itu, maka kamu akan menjalani hidup ini dengan ketenangan. Tanpa harus merisaukan mengenai masa depan yang gak bisa ditebak. Karena kamu tahu, kamu gak akan bisa mengontrol hal-hal demikian.

2. Mengajarimu arti keikhlasan yang sebenarnya

Ketidakmampuan kita dalam memahami apa yang akan terjadi hari esok, membuat kita kerap bertanya-tanya dan menumbuhkan rasa penasaran. Bahkan tak jarang, misteri dari hari esok itu bisa saja mendatangkan luka atau kesedihan. Namun sayangnya, kita tak bisa menampik mengenai apa yang telah terjadi.

Sehingga, ketidakpastian sejatinya mengajarkan kita akan keikhlasan. Bagaimana kita bisa tetap kuat dan tegar ketika ditimpa hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Membuatmu terbiasa dengan perubahan nyata

Ketidakpastian dalam hidup akan memberikan peluang terhadap segala kemungkinan yang bisa terjadi. Perubahan demi perubahan pun pasti akan terjadi. Kamu tentu akan merasakan beberapa peristiwa dari bahagia menjadi sedih atau dari senang menjadi susah.

Perubahan nyata itulah yang akan membuatmu terbiasa untuk menerima segala kemungkinan perubahan yag lainnya.

4. Membuatmu belajar untuk 'sedia payung sebelum hujan'

Gak ada salahnya bukan untuk mempersiapkan semua hal dari sekarang? Karena kamu gak pernah tahu apa yang akan terjadi hari esok, maka kamu perlu mempersiapkannya. Sehingga, ketika ada hal di luar dugaan terjadi, maka kamu sudah tidak begitu kaget, lantaran terbiasa untuk menyiapkan diri maupun hal lainnya. Ini penting sekali untuk dilakukan, supaya kamu selangkah lebih maju dari yang lain.

5. Memicu semangat untuk terus menampilkan yang terbaik

Sudah jelas dipaparkan sebelumnya, bahwa hidup ini penuh dengan ketidakpastian. Tapi bukan berarti kenyataan itu membuatmu berdiam diri seolah tidak ada yang bisa diharapkan lagi. Justru ketidakpastian itu sudah selayaknya kamu manfaatkan dengan baik, agar kamu tidak menyesal di kemudian hari.

Tampilkan usaha terbaikmu untuk masa depan yang kamu impikan. Tampilkan juga kualitas dirimu agar memiliki kemampuan yang mumpuni. Ingat, ketidakpastian bukan untuk menghentikan langkahmu.

Meski hidup ini selalu menghadirkan hal-hal yang tak pernah terbayangkan sebelumnya, sebagai manusia, tentu kamu harus mau menerimanya dengan lapang, agar mendapat ketenangan dalam menjalani hidup. 

Karena sejatinya, semua yang terjadi adalah alur terbaik yang sudah direncanakan oleh Tuhan. Lebih baik, ambil hal positifnya seperti beberapa poin yang sudah dijelaskan sebelumnya. Semangat!

Related

Tips 1109053045759632524

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item