Ini 7 Hal yang Sering Bikin Wanita Merasa Tidak Percaya Diri di Usia 30-an


Naviri Magazine - Berapa pun usia Anda, tentu ada saja rasa insecure (tidak percaya diri) yang kerap muncul dan mengganggu pikiran. Meskipun mandiri dan bahagia, di usia 30-an dan saat masih single, ini beberapa insecurity yang sering dialami peremuan. Apa saja? 

1. Status hubungan
 
Di saat teman lain sudah menikah, punya anak, minimal punya pasangan serius, mungkin menjadi jomlo sedikit bikin Anda insecure. Nggak apa-apa lho jadi single, jangan terburu-buru cari pasangan hanya demi ganti status/tekanan orang lain. Menikahlah bila sudah siap dan sudah yakin.  

Ingat selalu kalau ‘nilai’ Anda tidak hanya semata dilihat dari status. Anda tidak aneh, terlambat, atau nggak normal meski masih single. Justru manfaatkan momen ini sebagai waktu lebih kenal dan belajar mencintai diri seutuhnya. 

2. Karier dan pekerjaan
 
Sedikit banyak, mungkin Anda membandingkan karier dan pekerjaan Anda dengan teman seumuran. Ada yang sudah sukses jadi manager, direktur, atau jadi pengusaha dengan bisnis beromzet besar. Bisa jadi, Anda pun sedang mempertanyakan apakah pekerjaan sekarang sesuai passion dan apakah ini karier yang tepat untuk Anda.  

3. Berat badan
 
Berat badan Anda mungkin berubah karena metabolism tubuh yang juga berubah. Naik atau turun berat badan mungkin bikin Anda insecure. Daripada stres karena berat badan, lebih baik mulai kebiasaan baik untuk menjaga tubuh sehat, seperti berolahraga, cukup tidur, dan makan makanan sehat. 

4. Tanda penuaan
 
Adanya kerut, uban di kepala, dan mungkin tanda penuaan lain di wajah (kusam, kering, flek hitam, dan wajah kendur). 

Semua orang menua. Tidak perlu takut menua, lakukan saja perawatan dengan rutin pakai skincare dan makan makanan kaya nutrisi untuk jaga tubuh dan kulit tetap sehat dan cantik, berapa pun usia Anda.  

5. Kenalan dan memulai hubungan dengan orang baru
 
Bertambahnya usia, lingkup pertemanan Anda mungkin berubah dan mengecil. Mungkin karena kesibukan, bisa jadi Anda semakin jarang membangun jejaring baru. Maka, nggak heran kalau untuk kenalan dan memulai hubungan dengan orang-orang baru sedikit canggung dan bikin Anda insecure. 

Nggak perlu malu, tetap jadi diri sendiri, buka hati dan buka pikiran untuk bertemu dan membangun koneksi baru. Bisa saja lho Anda menemukan teman, sahabat, bahkan jodoh di usia 30-an. 

6. Hobi dan hal-hal yang Anda sukai
 
Percaya nggak, hobi juga bisa bikin Anda insecure. Misalnya saja, Anda baru suka BTS di usia 30-an, bisa saja Anda jadi sedikit insecure dan malu, sambil berpikir, “ah, malu deh suka sama boyband yang lebih muda.” 

Selama itu bikin senang, tidak merugikan siapa-siapa, lakukan dan nikmati apa pun hobi yang Anda inginkan. Jangan malu, jangan merasa insecure.  

7. Mencoba hal baru
 
Tidak ada kata terlambat dalam mencoba sesuatu. Jangan merasa insecure dan merasa ‘terlalu tua’ untuk mencoba hal baru. Coba pekerjaan baru, belajar lagi, atau mencoba hal-hal yang sebelumnya bikin takut, lakukan saja! 

Related

Psychology 8813400789667814226

Recent

item