Inilah 15 Ikan Hias Termahal di Dunia, Harganya Mencapai Rp 28 Miliar


Naviri Magazine - Memelihara ikan merupakan hobi sebagian orang. Berbagai jenis ikan dapat dipelihara, termasuk ikan hias. Jenis ikan ini memiliki beragam bentuk dan keunikannya masing-masing. Bahkan, harga jual dan belinya pun bisa bermacam-macam, mulai dari yang murah hingga mahal. 

Dalam deretan ikan hias yang mahal, 15 ikan hias ini merupakan yang paling mahal di dunia. Bahkan, harganya ada yang menyentuh hampir Rp30 miliar. Berikut list ikan hias termahal di dunia, dari yang paling murah hingga termahal.

1. Candy Basslet (Rp14 juta)

Ikan hias termahal yang pertama adalah Candy Basslet yang berasal dari perairan Karibia, tepatnya di pantai Curacao. Jenis ikan hias air asin ini memiliki corak yang beragam dan warnanya sangat cerah. Ikan ini berada di bawah laut dan cukup sulit untuk ditemukan.

2. Golden Crossback Arwana (Rp28 juta)

Ikan arwana dikenal memiliki harga yang mahal. Meskipun jenis ini cukup sering kita lihat, siapa sangka harga ikan berwarna emas metalik ini ternyata dibanderol dengan harga yang sangat mahal.

3. Clarion Angelfish (Rp 35 juta)

Di Kepulauan Revillagigedo, tepatnya di lepas pantai Pasifik Meksiko, terdapat ikan hias bernama Clarion Angelfish. Salah satu ikan hias termahal di dunia ini berwarna cerah dengan ukuran sekitar 30 sentimeter dan cukup sulit ditemukan. 

Selain itu, jika ingin memiliki ikan hias ini harus mendapat izin pemerintah Meksiko.

4. Wrought Iron Butterflyfish (Rp38 juta)

Ikan hias termahal selanjutnya berada di perairan Jepang. Wrought Iron Butterflyfish memiliki ukuran 15,5 centimeter dengan warna hitam keabu-abuan dan garis kuning di siripnya. 

5. Australian Flathead Perch (Rp71 juta)

Seperti namanya, ikan hias termahal di dunia ini berasal dari Australia dan memiliki corak warna jingga dan kuning yang indah dipandang. Ikan hias ini berhabitat di celah karang sehingga sulit ditemukan. 

6. Nami Green Arowana (Rp69 juta)

Salah satu ikan hias termahal di dunia ini keberadaannya sangat langka. Di perairan asalnya, yaitu air tawar Asia menunjukan populasi ikan yang terus menurun. Hal ini membuat ikan ini menjadi mahal harganya.

7. Neptune Grouper (Rp85 juta)

Ikan hias ini hidup di laut yang dalam dan memiliki keunikan dari coraknya yang bisa berubah saat muda dan dewasa. Selain itu, ikan ini memiliki warna yang variatif, yaitu kuning, jingga, merah kekuningan. Jika ingin dipelihara, akuarium yang ada harus bersih dan bersuhu dingin.

8. Golden Basslet (Rp115 juta)

Ikan hias termahal di dunia selanjutnya berasal dari perairan Pasifik-Atlantik. Ikan ini cukup sulit ditemukan karena mereka suka bersembunyi dan memiliki ukuran yang kecil. Warna tubuhnya membuat ikan ini menjadi mahal.

9. Bladefin Basslet (Rp142 juta)

Pernah melihat film Nemo? Ini di ikannya. Bladefin Basslet berukuran 4 centimeter saja dan Ia berasal dari perairan di kepulauan Karibia. Ikan hias termahal di dunia ini biasa ditemukan di celah karang dasar laut dengan kedalaman 500 kaki.

10. Masked Angelfish (Rp285 juta)

Masked Angelfish berkembang biak di karang lautan Pasifik dan samudera Hindia, serta di perairan kepulauan Hawaii. Ikan hias termahal di dunia ini, kerap berganti warna seiring perkembangan tubuhnya.

11. Peppermint Angelfish (Rp428 juta)

Peppermint Angelfish merupakan ikan hias termahal di dunia yang langka keberadaanya dan hanya bisa ditemukan di laut dengan kedalaman tertentu di perairan kepulauan Hawaii. Ia memiliki warna jingga terang dengan garis putih pada tubuhnya.

12. Freshwater Polkadot Stingray (Rp1,3 miliar)

Freshwater Polkadot Stingray adalah Ikan pari dengan corak polkadot yang berasal dari perairan Brazil dan terdapat juga di perairan sungai Amazon. 

Walaupun angkanya menyentuh miliar, sayangnya ikan hias ini sekarang sudah tak bisa dijual dan berada di bawah perlindungan Pemerintah Brazil karena sifat ikan ini yang semi-agresif dan memiliki racun yang bisa menyebabkan seseorang mati rasa atau terluka.

13. Platinum Arowana (Rp5,5 miliar)

Arwana Platinum yang memiliki warna putih bersih ini langka keberadaannya dan tersebar habitatnya di perairan Afrika, Amerika Serikat hingga Asia Tenggara. Ukuran ikan hias termahal di dunia ini bisa mencapai tinggi manusia. Dengan sifatnya yang agresif, ikan ini mampu melompat hingga 6 kaki.

14. Koi Black Dragon (Rp2,8 miliar)

Ikan hias termahal di dunia ini dibanderol hingga 2,8 miliar karena coraknya yang unik dan langka, yaitu terdiri dari warna putih, merah, hitam. Ikan ini berasal dari indukan berkualitas dna jarang sekali ditemukan kecacatan.

15. Koi Jepang (Rp28 miliar)

Ikan hias termahal di dunia yang terakhir memiliki warna emas yang langka. Ini membuatnya dipercaya bahwa ikan ini dapat membawa keberuntungan. Jika memeliharanya, butuh setidaknya 1000 galon air dan Ia biasa hidup hingga hingga 30 tahun.

Related

Science 7254855684400453182

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item