Kisah Invasi Prancis ke Rusia dan Awal Jatuhnya Kekuasaan Napoleon Bonaparte


Naviri Magazine - Napoleon Bonaparte menjadi ancaman serius bagi dunia, karena ingin menciptakan kerajaan abadi di Eropa. Salah satunya, ia ingin menginvasi Rusia. Menurut National Geographic, pasukan Napoleon yang berjumlah lebih dari setengah juta tentara memasuki Rusia melalui Polandia pada 24 Juni. 

Menurut Lumine Learning, Napoleon dan pasukannya, yang dikenal sebagai Le Grande Armée, memasuki wilayah Rusia dan merebut wilayahnya dengan mudah selama musim panas.

Tetapi, demi mencegah tentara Prancis melahap habis wilayahnya, tentara Rusia membakar persediaan pangan mereka sendiri. Bahkan ketika Prancis merebut Moskow, persediaan pangan di kota itu sengaja dibakar juga. 

History melaporkan bahwa pada 19 Oktober, Napoleon memimpin pasukannya untuk keluar dari Moskow. Ia paham bahwa mereka tidak dapat bertahan hidup di musim dingin tanpa persediaan makanan. 

Perang yang sengit dan ketidaksiapan Prancis di musim dingin terbukti menjadi gagalnya invasi Prancis. Menurut National Geographic, Napoleon kehilangan 300.000 dari 500.000 tentara, dan terpaksa meninggalkan Rusia pada bulan Desember. 

Kekalahan yang mahal ini membuat kekuatan Eropa dengan mudah menggulingkan Napoleon kurang dari dua tahun kemudian. 

Related

History 868587284938456731

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item