Pertempuran Myeongnyang 1597, Kisah Pasukan Korea Menjebak dan Mengalahkan Jepang


Naviri Magazine - Pertempuran Myeongnyang, atau juga dikenal sebagai The Miracle at Myeongnyang, dimulai pada tahun 1592, ketika Jepang menginvasi Korea. 

Selama lima tahun berikutnya, invasi ini tidak berjalan dengan baik karena kecemerlangan angkatan laut kerajaan Joseon Korea, Laksamana Yi Sun Shin, seperti yang dilansir Britannica. Namun, Yi Sun Shin ditangkap karena pengkhianatannya, dihukum dan diturunkan pangkatnya menjadi tentara biasa.

Salah satu saingannya, Laksamana Won Gyun, mengambil alih komando armadanya. Satu tahun kemudian, Gyun tewas, dan Korea hanya memiliki 12 kapal yang tersisa, sementara Jepang memiliki 330 kapal. Akibatnya, Sun Shin naik pangkat lagi menjadi komando.

Sun Shin membuat rencana dengan membujuk Jepang ke Selat Myeongnyang yang terbilang sangat sempit, akibatnya kapal Jepang yang sangat banyak itu mengalami kesulitan untuk bermanuver yang menyebabkan kapal-kapalnya bertabrakan dan tenggelam. 

Pergeseran arus juga membuat Jepang sulit untuk mundur, dan pasukan Sun Shin tidak kehilangan satu kapal pun dalam pertempuran itu, sementara Jepang kehilangan 31 kapalnya, dan 90 kapal rusak. Pada tahun 1598, Korea berhasil mengusir penjajah Jepang. 

Related

History 1329394191126714184

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item