Untung Besar di Balik Menjamurnya Bisnis Fried Chicken Gerobak


Naviri Magazine - Salah satu bisnis waralaba atau kemitraan bidang kuliner yang makin populer adalah bisnis ayam goreng tepung atau fried chicken. Bisnis itu memiliki peluang yang sangat menjanjikan.

"Fried chicken itu kan ayam, nasi sama ayam itu nggak pernah bosen. Kita pagi makan ayam, siang makan ayam, malam makan ayam, itu bisa. Jadi artinya konsumsinya tidak kenal waktu," kata Pakar Marketing dan Managing Partner Inventure, Yuswohady.

"Tradisi makan ayam sudah mendarah daging sehingga marketnya sudah terbentuk. Jadi pemainnya banyak, pun itu market-nya akan tetap tidak ada habisnya. Itulah kenapa ayam prospeknya menjadi sangat bagus," tambahnya.

Yuswohady menjelaskan format fried chicken gerobakan lebih diminati di masa pandemi COVID-19. Pasalnya hal itu sangat dekat dengan konsumen yang malas bepergian di kondisi seperti saat ini.

"Karena kita nggak bisa keluar rumah, maka kita ambil channel yang terdekat. Nah gerobakan ini kan dia menyebar, bisa ke kampung-kampung segala macam, jadi secara channel lebih dimaui oleh pelanggan" imbuhnya.

Dia menyebut masyarakat yang baru ingin memulai bisnis fried chicken gerobakan tidak perlu takut dengan kompetitor yang sudah besar. Dari sisi target segmen bisa dibedakan, dan carilah lokasi yang belum banyak ditemukan ayam tepung tersebut.

"Kalau ayam kan yang top of mind KFC, McD, tetapi kan mereka segmennya tertentu. Jadi jangan takut dengan pemain besar, teman-teman masih punya peluang karena marketnya besar dan segmennya ada. Jadi harus lihat segmen, jangan kita jualan ayam dekat yang raksasa, justru kita ambil yang lokasi jauh dari dia dan segmennya kita ambil yang lebih bawah," jelasnya.

Saking menjanjikannya, Yuswohady menilai bisnis makanan seperti fried chicken gerobakan bisa memiliki keuntungan hingga dua kali lipat dibanding bisnis lainnya. Meskipun, diperlukan kesabaran yang ekstra.

"Secara umum memang makanan itu kan tinggi sekali, bisa dua kali lipat. Tapi ribetnya juga minta ampun. Makanya teman-teman yang bergerak di kuliner, mereka ngaku marginnya gede. Tapi kalau dikatakan 'wah enak banget', itu juga dia agak keberatan karena effort-nya juga luar biasa," imbuhnya.

Related

Food 8058237681997504464

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item