Bukan Pakai Garam, Ini 15 Cara Mengusir Ular yang Paling Efektif


Naviri Magazine - Berdasarkan pendapat-pendapat di internet, banyak orang yang percaya bahwa garam menjadi salah satu cara mengusir ular. Nyatanya, garam tak ada pengaruhnya sama sekali untuk mengusir ular. Garam hanya cocok untuk mengusir hewan berlendir.

Menurut Erwandi Supriadi, Koordinator Sioux Snake Rescue (SSR), penggunaan garam biasanya diiringi doa-doa untuk mencegah ular datang, alias hanya kepercayaan semata. Lantas, apa yang bisa mencegah ular datang ke rumah?

Dilansir dari fieldecology.com, berikut ini 15 tips atau cara mengusir ular yang paling efektif dan bisa jadi referensimu. Cek di bawah ini ulasan selengkapnya!

1. Memotong rumput

Dengan sering memotong rumput di pekaranganmu agar tetap pendek. Ular cenderung menyukai tempat yang rimbun untuk menghindari predator.

2. Hindari menyiram rumput

Hindari menyiram rumput yang dapat menarik spesies mangsa ular, seperti katak, cacing dan siput. Jangan sampai ular berpesta pora di kebunmu.

3. Membuat pakan burung yang rapih dan tinggi

Jika kamu memelihara burung, pindahkan pakan burung agar makanannya tak berceceran dan jatuh ke tanah. Hal tersebut untuk mencegah hewan pengerat berdatangan dan memancing ular untuk menghampiri mereka.

4. Pindahkan pakan binatang peliharaan ke dalam ruangan

Tak hanya burung, pindahkan pakan binatang peliharaanmu masuk ke dalam ruangan, seperti pakan kucing dan marmot. Untuk menghindari dari para mangsa ular.

5. Hindari dan rapihkan tumpukan kayu

Pindahkan tumpukan kayumu, karena itu adalah tempat nyaman untuk ular bersembunyi. Gelap dan berasa seperti di hutan, bagi mereka.

6. Hindari taman dengan kolam air atau kolam ikan

Hindari taman dengan kolam air atau kolam ikan, karena itu menarik ular untuk datang. Ingat bahwa sebagian besar ular bisa berenang, hampir semuanya.

7. Hindari penggunaan batu besar sebagai hiasan di taman

Hindari penggunaan batu besar sebagai hiasan di tamanmu. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan kerikil-kerikil kecil atau batu sungai. Ini juga bisa memancing ular untuk datang.

8. Tutup retakan tanah yang ada di rumahmu

Tutup retakan tanah yang berpotensi jadi celah untuk ular masuk ke dalam rumah. Gak mau kan, kalau ada ular yang bersembunyi di dekatmu?

9. Taruh keset dengan permukaan kasar

Taruh keset dengan permukaan kasar, karena sisik ular sangat sensitif. Bikin ular risih.

10. Tali ijuk

Kamu pun bisa menaruh tali ijuk yang punya tekstur kasar. Ular juga tidak suka dengan tekstur tali ijuk.

11. Membangun pagar di sekeliling rumah

Gak ada salahnya membangun pagar di sekeliling rumah untuk mencegah ular masuk. Lebih peduli pada estetika tapi tidak aman, buat apa kan?

12. Bisa juga dengan menaruh pagar kawat yang memiliki celah-celah sangat kecil

Bisa juga dengan menaruh pagar kawat yang memiliki celah-celah sangat kecil. Semakin menghindarkan ular untuk masuk ke tempatmu.

13. Semprotkan wangi-wangian di dalam ruangan rumah

Jika masuk rumah, kamu bisa menyemprotkan wewangian. Bisa sekalian membuat ruanganmu harum, kan?

14. Menggunakan karbol

Karbol pun bisa jadi pilihan, mengingat punya bau menyengat. Ular akan menghindari tempat yang berbau tajam tertentu.

15. Menjaga kebersihan di tempat lembap

Terakhir, jaga terus kebersihan, terlebih di tempat-tempat gelap dan lembap yang disukai ular. Rajin-rajinlah melakukannya.

Demikianlah ulasan tentang mencegah atau cara mengusir ular yang efektif dan layak kamu coba. Meski penting untuk menjaga keselamatan keluarga dari ular, namun bukan berarti kamu bisa semena-mena terhadapnya.

Ular hanya bereaksi jika merasa terancam. Jadi, gak perlu sampai membunuh jika bertemu dengan ular. Kecuali memang terpaksa.

Related

Tips 8490382124052836213

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item