Untuk Wanita, Ini Tips Penting Mempersiapkan Kehamilan


Naviri Magazine - Pasangan yang baru menikah, atau wanita yang belum dikaruniai anak, tentunya ingin menjalani masa kehamilan yang baik, sehat, nyaman, sekaligus lancar. Menyambut kehadiran buah hati pertama bukan hanya membuat perasaan gembira karena yang dinanti akan segera tiba, tetapi juga tidak jarang menjadikan perasaan khawatir karena kurangnya pengalaman.

Sebenarnya, kehamilan yang baik dimulai sejak persiapan pra-kehamilan. Artinya, sebelum masa kehamilan itu tiba, si calon ibu sudah perlu menyiapkan dirinya, agar janin yang kelak dikandungnya akan dapat tumbuh berkembang dengan baik, hingga saat dilahirkan.

Bila Anda pasangan yang baru menikah, atau yang belum pernah memiliki anak, tip berikut ini dapat Anda gunakan sebagai persiapan dalam menyambut kehamilan.

Kehamilan yang terbaik adalah kehamilan yang sangat terprogram. Karenanya, persiapkanlah waktu khusus untuk menyambut kehamilan tersebut. Dengan waktu yang tertata secara baik, maka Anda pun akan dapat menyambut datangnya kehamilan dengan lebih baik, tanpa terlalu sibuk, stres, ataupun capek.

Jagalah kondisi kesehatan dengan baik, termasuk berat badan. Kesehatan yang optimal dan berat badan yang relatif ideal akan menjadikan calon ibu akan lebih siap dalam memproduksi sel telur yang sempurna, untuk kemudian dibuahi dan menjadi janin yang sempurna pula.

Perhatikan asupan gizi dengan baik serta seimbang, dan hindari makanan cepat saji atau yang mengandung bahan kimia.

Konsumsilah makanan alami yang mengandung asam folat tinggi, karena merupakan pilihan yang bagus dan tepat untuk persiapan kehamilan. Asam folat adalah zat yang akan berperan penting dalam pertumbuhan otak janin, yang akan terjadi pada bulan pertama sampai 12 minggu pertama kehamilan.

Apabila vitamin yang Anda konsumsi dirasa tidak cukup, dan Anda memerlukan tambahan suplemen, silakan kunjungi dokter kandungan untuk berkonsultasi dan mendapatkan nasihat. Ada sebagian vitamin yang sebaiknya dikonsumsi dan tidak dikonsumsi oleh ibu hamil, dan dokter Anda akan memberikan nasihatnya.

Obat-obatan yang Anda konsumsi akan ikut mempengaruhi tingkat kesuburan Anda. Karenanya, jika dalam persiapan kehamilan tersebut Anda masih mengkonsumsi suatu obat tertentu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda, sehingga persiapan Anda dalam menyambut kehamilan akan lebih optimal.

Hindari rokok, atau asap rokok, juga alkohol, polusi udara dalam waktu lama, juga hal-hal lain yang berpengaruh negatif bagi tubuh Anda. 

Rutin berolahraga juga merupakan upaya mempersiapkan kehamilan yang baik. Dengan berolahraga, Anda dapat lebih mempersiapkan fisik dengan baik, meningkatkan kesuburan serta kualitas hubungan dengan pasangan. Selain itu, fisik yang kuat akan sangat membantu pada saat proses persalinan.

Yang juga tidak boleh Anda lupakan adalah pikiran yang rileks. Persiapan kehamilan tidak perlu membuat Anda stres dan tertekan. Karenanya, meski mungkin Anda berupaya untuk hamil, namun tetap nikmatilah kebersamaan Anda berdua dengan pasangan, serta tak perlu terlalu terbebani oleh persiapan kehamilan tersebut. Pikiran yang rileks akan membuat tubuh rileks, begitu pula sebaliknya.

Related

Tips 4574899782793734381

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item