Bagaimana Ular Bisa Bergerak, Padahal Tak Punya Kaki?


Naviri Magazine - Pada umumnya, ular bergerak dengan cara melemparkan tubuh mereka hingga membentuk kurva yang besar, dan bertahan di atas tanah dengan sisik mereka yang terdapat pada bagian bawah tubuhnya. 

Selain itu, ular dapat berjalan karena otot-ototnya sangat lentur. Otot-otot bagian bawah tubuh ular dapat memanjang dan memendek. Ketika bagian depan memanjang lalu memendek, bagian belakangnya akan tertarik ke depan. Hal itu terjadi secara beruntun, sehingga ular bergerak merayap.

Untuk dapat bergerak, ular harus melewati permukaan yang kasar. Karena itu, jika ular berada di atas selembar kaca yang licin, dia akan menggeliat-geliat tanpa bisa bergerak. Ular juga tidak bisa bergerak dalam garis lurus, karena tubuhnya melata di tanah dalam gerakan kurva.

Bagaimana cara ular mendengar?

Ular tidak memiliki gendang telinga, sehingga mereka sangat sulit mendengar bunyi-bunyi yang ada di udara. 

Namun, mereka memiliki tulang telinga yang menyambung dengan rahang bagian bawah, sehingga mereka pun dapat merasakan getaran-getaran yang berasal dari air atau tanah melalui rahang mereka. 

Sebagaimana hewan lain, ular juga memiliki telinga bagian dalam yang berfungsi untuk keseimbangan.

Related

Science 2983537540390127013

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item