Kisah Pemulung di Kota Malang Temukan Berlian Senilai Rp 80 Juta di Tempat Sampah


Naviri Magazine - Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah Supit Urang di Kota Malang menjadi ladang mencari rizki bagi para pemulung. Namun siapa sangka di antara tumpukan sampah yang menggunung, terselip berlian senilai Rp 80 juta dan ditemukan salah seorang pemulung. 

Kisah ini dialami Herianto (34) yang telah berprofesi sebagai pemungut sampah selama sekitar 25 tahun lamanya. Cincin berlian itu dia temukan di antara tumpukan sampah yang menggunung, setelah TPA Supit Urang mengalami kebakaran lima tahun silam.

"Waktu itu saya enggak sengaja nemu kayak cincin. Saya enggak tau kalau asli. Itu saya ambil di antara tumpukan sampah bekas kebakaran," ucapnya.

Lantaran penasaran, Herianto lantas menunjukkan dan menanyakan temuannya kepada teman hingga tetangganya. Tapi teman dan para tetangganya tidak paham apakah cincin temuannya itu asli atau bukan. Herianto kemudian direkomendasikan ke seorang kolektor untuk memastikan keaslian dan menjual cincin berlian temuannya.

"Ukurannya selebar jari manis saya dan ada berliannya sebesar biji jagung. Katanya itu cincin berlian," ujarnya.

Tak banyak berpikir, Herianto kemudian segera membawa temuan itu ke seorang kolektor di daerah Sawojajar, Kota Malang.

Herianto mengaku sangat terkejut ketika kolektor yang dia temui menawar cincin itu dengan harga Rp 80 juta. Sebagai pengepul sampah dengan penghasilan sekitar Rp 100 ribu per hari tentu tawaran tersebut sangat di luar dugaannya.

"Saya kaget waktu itu dihargai Rp 80 juta. Akhirnya langsung saya lepas itu. Saya enggak nyangka harganya sampai segitu," ungkapnya.

Usai menjual cincin itu, Herianto mengaku langsung menggunakannya untuk membangun rumah di Jalan Rawisari, Kota Malang tak jauh dari TPA Supit Urang.

Terpisah, Plt. Kepala UPT TPA Supit Urang Kota Malang, Budi Heriyanto menjelaskan bahwa para pemulung memang kerap kali menemukan barang barang yang mengejutkan di TPA Supit Urang.

"Memang sering, ada yang dapat pistol sungguhan. Bahkan bayi juga pernah ada. Emas itu ya beberapa kali ada. Memang rezekinya mereka. Tapi niat mereka kan bukan cari itu," tuturnya.

Related

News 7891596354769248149

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item