10 Tahun Rezim Kim Jong-un: Gaya Aneh Pemimpin Korea Utara (Bagian 2)


Naviri Magazine - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (10 Tahun Rezim Kim Jong-un: Gaya Aneh Pemimpin Korea Utara - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Di tahun 2017 pula, Korea tercatat sudah dua kali melakukan peluncuran rudal balistik antar benua. Tindakan tersebut membuat musuh Korut, Amerika Serikat, geram.

"(Korea Utara) menghadapi kecaman dan kemarahan yang belum pernah dilihat dunia", ujar eks Presiden AS, Donald Trump pada Agustus 2017.

Korea Utara kemudian merespons dengan mengancam akan meluncurkan rudal ke wilayah AS di Guam.

Sebulan kemudian, yakni pada September, Korea Utara melakukan uji coba nuklir yang keenam. Pemerintah mengatakan, nuklir itu merupakan bom hidrogen yang sengaja dibuat untuk mengungguli kemampuan rudal balistik antar benua.

Di Juni 2020, Korea Utara menghancurkan kantor penghubung antar-Korea di wilayahnya sebagai bentuk kemarahan atas kampanye selebaran sipil Korea Selatan.

Hal tersebut merupakan tindakan paling provokatif sejak memulai diplomasi nuklir dengan Washington dan Seoul pada 2018.

Diplomasi

Korea Utara di bawah pimpinan Kim Jong-un disebut tak begitu tertutup. Ia tercatat beberapa kali melakukan diplomasi. Terbukti pada 2018, Kim menggelar pertemuan yang ketiga kali dengan Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in. Hubungan kedua negara regang sejak 1945.

Kemudian pada Juni, Kim dan Trump menggelar pertemuan di Singapura untuk pertama kali sejak akhir Perang Korea 1950-1953.

Kim berjanji akan mencapai denuklirisasi di Semenanjung Korea tapi mereka tak memberikan rincian lebih lanjut atau peta jalan terkait pelucutan senjata.

Kim Jong Un kembali bertemu Trump di Hanoi, Vietnam, pada Februari 2019. Pertemuan untuk menindaklanjuti program denuklirisasi.

Pertemuan ketiga antara Kim dan Trump berlangsung di perbatasan Korea pada Juni 2019. Namun pertemuan tersebut tak menghasilkan apa-apa alias gagal.

Program Pembersihan alias Eksekusi

Selain memperkuat basis militer, pemerintahan Kim juga sera diam-diam menerapkan program 'pembersihan'.

Kepala militer Kore Utara, Ri Yong Ho, menjadi korban apa yang disebutnya sebagai program pembersihan atau eksekusi Kim pada Juli 2012. Ia diberhentikan dari semua jabatan tingkat tinggi.

Lalu pada Desember 2013, Paman sekaligus mentor Kim dieksekusi atas tuduhan pengkhianatan, korupsi dan dakwaan lain di pemerintahan Kim.

Mei 2015, Agensi mata-mata Korea Selatan mengatakan Kim Jong Un meminta Menteri angkatan bersenjata, Hyon Yong Chol, dieksekusi dengan senjata anti-aircraft. Ia dihukum mati karena mengeluh dan tidur selama rapat dengan Kim.

Dua tahun kemudian pada Februari 2017, saudara tiri Kim Jong Un, Kim Jong Nam, terbunuh di bandara Malaysia usai bahan kimia VX dioleskan di wajahnya.

Dua perempuan Asia kemudian ditangkap, tetapi dinas mata-mata Korea Selatan menuduh Korea Utara berada di balik serangan itu. Namun Pyongyang membantahnya.

Kemunculan Kim

Menurut The Independent, Kim Jong-un lahir pada 8 Januari 1984. Ia merupakan anak ketiga dan terakhir dari pasangan Kim Jong Il dan Kong Yu Hui.

Pada September 2010, media pemerintah menyebut Kim Jong-un jenderal bintang empat dalam penyebutan publik pertamanya.

Kemudian pada Oktober 2010, Kim Jong Un membuat debut parade militer. Ia berdiri di balkon, tepat di samping ayahnya yang tampak kurus. Kim kemudian tersenyum, bertepuk tangan, dan melambaikan tangan saat tentara, tank, dan misil melintas di hadapannya.

Ayah Kim meninggal pada 17 Desember, 2011, di usia 69 tahun. Namun kematian dia baru diketahui publik usai dua hari.

Pada 19 Desember, kematian itu disiarkan di televisi pemerintah. Nama Kim Jong Un muncul pertama kali dalam daftar Komite Pemakaman Nasional. Dia disebut sebagai "penerus besar" oleh media pemerintah.

Related

International 7055187103362420309

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item