Mengapa Orang Indonesia Mudah Percaya dengan Hal-hal Mistis?


Dosen sosiologi perkotaan dari Universitas Indonesia, Daisy Indira Yasmine, mengatakan bahwa orang Indonesia termasuk warga perkotaan yang mudah percaya terhadap informasi yang didapat dari jejaring sosial yang solid dan tak berupaya memverifikasi terlebih dahulu.

“Karena hal tersebut yang ngomong tetangga sebelah, lebih mudah dipercaya, kenal satu sama lain, [warga] ikut meramaikan isu tanpa peduli benar atau enggak [informasinya],” kata perempuan yang akrab disapa Debby tersebut.

Terlebih lagi, bila isu tersebut disebarkan oleh tokoh agama yang memiliki posisi tinggi di dalam struktur sosial, baik masyarakat perkotaan atau pedesaan.

Antropolog Budi Rajab juga mengungkapkan bahwa segala hal terkait mistis dan kepercayaan gaib telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia sejak berabad-abad lalu, dan keberadaannya tidak bisa dilepaskan begitu saja di tengah era modern ini.

Meski kepercayaan terhadap hal mistis sudah tak terlalu tinggi, tapi masih bertahan karena berubah menjadi sebuah hiburan yang banyak ditampilkan lewat film, rangkaian kisah yang dibagikan di media sosial, konten video blog, bahkan menjadi tujuan wisata.

Cerita-cerita mistis, mitos, klenik dan hal-hal lain yang bersifat takhayul juga tak lepas dari peran media digital yang membuat penyebarannya jadi lebih luas dan mudah. Ditambah lagi dengan sikap manusia yang selalu penasaran, ingin tahu, dan sikap itu dibarengi dengan takut, senang atau sebuah kepuasan tersendiri.

Ada beberapa kasus bersejarah di dunia terkait dengan hal mistis. Salah satunya di Hongaria, ada seorang dukun bernama Lajos Pap, ditemukan memalsukan penampakan binatang dalam pemanggilan arwah. 

Selain itu ada juga kasus James Hydrick, seorang yang mengaku-ngaku cenayang di Amerika Serikap yang akhirnya terungkap sebagai penipu. Dia mengaku demonstrasi paranormalnya adalah tipuan yang dipelajari di penjara.

Menurut survei US Gallup, lebih dari seperempat jumlah populasi percaya manusia memiliki kemampuan supernatural seperti telepati dan kewaskitaan.

Related

Mistery 4995152332781793308

Recent

item