Apakah Uang dari Hasil Pesugihan atau Miara Tuyul Juga Kena Pajak?


Ini pertanyaan iseng, tapi mungkin bikin penasaran sebagian orang. Umpama—sekali lagi, umpama—ada orang yang memelihara tuyul untuk mendapat penghasilan, atau ada orang yang melakukan pesugihan untuk mendapatkan kekayaan, apakah mereka juga bakal kena pajak sebagaimana orang-orang yang dapat penghasilan dari hasil kerja atau wirausaha?

Pengamat Pajak Yustinus Prastowo menjelaskan, Undang-Undang Pajak Penghasilan (UU PPh) menganut konsep penghasilan dalam arti luas dan pendekatan accretion dimana ukurannya adalah tambahan kemampuan ekonomis. 

Adapun tambahan kemampuan ekonomis dibagi dua, yaitu bisa dipakai untuk konsumsi atau menambah kekayaan. Artinya, UU PPh tidak mempersoalkan asal-usul atau sumber penghasilan. 

“Penghasilan dari pesugihan termasuk tuyul adalah obyek pajak, karena bisa diukur dengan bisa dipakai konsumsi dan menambah kekayaan. Jadi jelas, mereka yang memperoleh penghasilan dari miara tuyul terutang pajak,” kata Prastowo. 

Atas dasar itu, masyarakat yang memperoleh penghasilan dari hasil memelihara tuyul harus mendaftarkan diri agar memperoleh Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), membayar pajak, dan melaporkannya ke Ditjen Pajak. 

“Soal eksistensi dan aspek akuntansi pajak tuyul ini yang bisa panjang. Tapi ini soal lain, apakah ia dicatat sebagai aset? Intangible? (tidak bisa diraba),” kata dia. 

Prastowo pun menjelaskan, jawaban mengenai pajak atas hasil pesugihan turut menjawab keraguan atau alibi sejumlah orang yang merasa bahwa penghasilan dari sumber-sumber tertentu bebas pajak, misalnya judi, prostitusi, bahkan korupsi.
 
“Semua terutang pajak sejauh bukan obyek yang dikecualikan menurut UU. Nemu duit atau emas di jalan pun penghasilan,” kata dia. 

Meski begitu, Prastowo mengatakan, dalam pasal 4 UU PPh memang diberikan contoh penghasilan yang dimaksud. Seperti peredaran bruto (omzet penjualan) sebuah usaha; bunga dari deposito, surat utang (obligasi) dan lainnya; hadiah berupa lotere atau undian; transaksi di sektor keuangan ataupun atas pengalihan aset. 

Related

Money 3861616006367972012

Recent

Hot in week

Ebook

Koleksi Ribuan Ebook Indonesia Terbaik dan Terlengkap

Dapatkan koleksi ribuan e-book Indonesia terbaik dan terlengkap. Penting dimiliki Anda yang gemar membaca, menuntut ilmu,  dan senang menamb...

item